Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Ukuran Layar Gadget Terpopuler?

Kompas.com - 03/04/2013, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Vendor-vendor produk gadget terlihat gemar meluncurkan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet dengan ukuran layar yang lebar.

Samsung, contohnya. Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah meluncurkan Galaxy S4 yang memiliki layar berukuran 5 inci. Hal serupa dilakukan Sony dengan Xperia Z yang juga punya layar 5 inci.

Meski demikian, masih ada beberapa vendor smartphone masih berkutat dengan ukuran layar yang sedang-sedang saja. Salah satunya, iPhone terbaru yaitu iPhone 5 yang masih menggunakan layar 4 inci.

Pertanyaannya, ukuran layar berapa yang paling populer digunakan para konsumen?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Flurry, sebuah perusahaan yang memberikan berbagai informasi mengenai pengguna kepada pengembang aplikasi, melakukan sedikit penelitian dari database yang mereka miliki.

SizeMatters_Chart1-resized-600

Berdasarkan 200 model smartphone yang merepresentasikan 80 persen database yang dimilikinya, Flurry menyimpulkan, ponsel berukuran sedang, yaitu antara 3,5 hingga 4,9 inci, masih menjadi yang paling diminati. Pengguna aktif produk jenis ini mencapai 72 persen dan mendominasi tingkat distribusi perangkat dengan nilai 69 persen.

Sedangkan untuk ukuran layar yang lebih kecil, yaitu di bawah 3,5 inci, memiliki tingkat distribusi sebanyak 16 persen dan 7 persen pengguna aktif.

Bagaimana dengan perangkat perpanduan antara smartphone dan tablet? Perangkat yang lebih dikenal dengan phablet ini ternyata jumlah penggunanya sangatlah kecil, yaitu hanya sekitar 2 persen saja. Sedangkan pengguna aktif perangkat phablet ini diketahui hanya menyentuh angka 3 persen saja.

Sekadar informasi, sebuah perangkat smartphone masuk ke kategori phablet apabila memiliki layar berukuran 5 hingga 6,9 inci.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (3/4/2013), dari penelitian tersebut juga terungkap, para pemilik tablet lebih banyak menggunakan perangkat ini untuk bermain game, daripada untuk membaca e-book dan menonton video.

SizeMatters_Chart3-resized-600

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com