Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Dijual, Galaxy S4 Sudah "Jebol"?

Kompas.com - 03/04/2013, 15:56 WIB

The Verge

KOMPAS.com — Galaxy S4 adalah smartphone flagship terbaru dari Samsung yang belum resmi dipasarkan. Biarpun begitu, rupanya masalah ketersediaan tersebut tak menghalangi sejumlah anggota dari XDA-Forum untuk "membobol" ponsel pintar ini.

Seperti dilansir Engadget, mungkin lebih tepat dikatakan bahwa file custom ROM berikut panduan rooting (akses file sistem) Galaxy S4 sudah tersedia. Pengguna nanti bisa melakukan rooting sendiri begitu sudah memperoleh perangkat ini.

Akan tetapi, trik "rooting tanpa ponsel" itu kabarnya hanya bisa diterapkan untuk salah satu varian Galaxy S4, yaitu yang memakai prosesor Exynos 5 Octa. Galaxy S4 jenis ini akan dipasarkan di sebagian besar wilayah dunia, termasuk Indonesia.

Adapun Galaxy S4 yang akan dipasarkan di wilayah Amerika Serikat menggunakan prosesor Snapdragon 600.

Skeptis

Berita tentang berhasil "dijebolnya" Samsung Galaxy S4 ini ditanggapi skeptis oleh developer aplikasi merangkap anggota elite XDA Chainfire.

Dalam sebuah posting Google+, dia mengatakan bahwa metode tersebut sama sekali belum dicoba dan dikonfirmasi keberhasilannya karena perangkat yang bersangkutan memang belum beredar luas.

Terlebih lagi, tambah Chainfire, Galaxy S4 memiliki mekanisme proteksi tambahan yang membuat "su binary" (program yang dibutuhkan untuk akses root) tidak dapat berfungsi normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com