Kompas.com - 04/04/2013, 08:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Apple ternyata sedang dalam rencana untuk memulai produksi iPhone terbaru pada kuartal 2 tahun 2013. Sementara waktu peluncurannya besar kemungkinan dilakukan pada kuartal 3 tahun 2013.

Seorang sumber tepercaya yang dekat dengan Apple mengatakan kepada The Wall Street Journal, Rabu (3/4/2013), bahwa iPhone terbaru itu akan mengusung desain ukuran dan bentuk yang sama dengan iPhone 5. Namun, masih menurut sumber tersebut, iPhone terbaru akan menggunakan komponen yang berbeda dari iPhone 5.

Dilaporkan pula, Apple sedang menyiapkan sistem operasi mobile iOS versi 7 untuk dirilis pada pertengahan 2013.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini merancang iPhone agar bisa bersaing dengan ponsel kelas atas dari produsen lain, seperti Samsung Galaxy S4, HTC One, serta Sony Xperia Z yang memakai sistem operasi Android. Tak ketinggalan, iPhone terbaru juga bakal bersaing dengan BlackBerry Z10 yang bersistem operasi BlackBerry 10 serta Nokia Lumia 920 yang mengusung Windows Phone 8.

Pada saat yang sama, Apple juga sedang mengerjakan iPhone yang akan dijual dengan harga relatif terjangkau. Perusahaan bekerja sama dengan mitra manufaktur di Asia dan diharapkan iPhone murah itu bisa meluncur pada semester kedua tahun ini.

Para analis berpendapat, di tengah persaingan bisnis ponsel yang makin kuat, Apple tak bisa hanya mengandalkan satu model ponsel pintar unggulan. Karena itulah, perusahaan perlu merilis ponsel pintar model lain, terutama untuk menggaet segmen pasar kelas menengah di negara berkembang.

Langkah serupa telah dilakukan Apple dalam bisnis tablet. Selain iPad berukuran 9,7 inci, Apple juga membuat iPad Mini yang berukuran 7,9 inci. Apple memandang perlu membuat tablet berukuran kecil, mengingat larisnya tablet kecil buatan Samsung serta Amazon Kindle Fire.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.