Kiat Game "Kucing Berpedang" Raup Rp 50 Juta

Kompas.com - 04/04/2013, 11:21 WIB
EditorReza Wahyudi

Chocoarts

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang aplikasi (developer) lokal Chocoarts baru mulai merilis game petualangan berjudul Keto Adventure pada 1 Februari 2013 lalu.

Game dengan tokoh kucing petualang berpedang kayu itu ternyata saat ini telah berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar 5.000 dollar AS atau hampir Rp 50 juta. Jumlah download game ini mencapai lebih dari 130.000. Apa rahasianya?

Ketika ditemui usai acara temu developer Nokia di Jakarta, Rabu (3/4/2013) kemarin, Managing Director Chocoarts Sely Haudy mengatakan bahwa game untuk platform Series 40 buatannya itu mengumpulkan pendapatan terbesar dari metode try-and-buy.

"Dibanding versi berbayar, keuntungannya jauh lebih tinggi," ungkap Sely.

"Try-and-buy" atau jika diterjemahkan kurang lebih berarti "coba dan beli" adalah mekanisme penjualan aplikasi di mana konsumen mengunduh aplikasi -misalnya game- secara gratis, lalu bisa bermain secara cuma-cuma dalam periode waktu tertentu.

Begitu periode tersebut habis (untuk Keto Adventure, lamanya sekitar 5 menit), konsumen diberi pilihan untuk melanjutkan permainan dengan membayar terlebih dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantaran membuat penasaran, metode ini berhasil memikat konsumen. "Conversion rate metode ini mencapai 80 persen. Artinya, dari 1.000 orang yang mengunduh aplikasi, sekitar 800 di antaranya kemudian memutuskan untuk membeli," terang Developer Manager Nokia South East Asia Narenda Wicaksono yang mengaku mulai melihat perkembangan tren try-and-buy di Nokia Store sejak akhir 2012.

Keberhasilan try-and-buy didukung pula oleh metode pembayaran aplikasi yang mudah bagi konsumen. Di Nokia Store, toko aplikasi yang memajang Keto Adventure, disediakan opsi pembayaran potong pulsa alias operator billing yang bersahabat bagi pengguna di negara-negara seperti Indonesia.

Tak asal coba

Sely mengaku terinspirasi menerapkan metode try-and-buy setelah mencoba-coba judul game buatan developer besar yang menerapkan cara itu untuk menggaet konsumen. "Sebagai panduan untuk best practice," ujarnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.