Hard Disk 4TB Seagate Dibanderol Rp 2 Juta

Kompas.com - 04/04/2013, 13:28 WIB
EditorReza Wahyudi

Seagate

KOMPAS.com - Butuh ruang untuk menyimpan sejuta lagu digital? Hard disk internal berkapasitas ekstra plong dari Seagate ini mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan.

Itulah gambaran besarnya data yang mampu ditampung oleh cakram keras berkapasitas 4TB yang akan segera dikapalkan tersebut.

Seperti dikutip dari MaximumPC, kalau dikonversikan dalam bentuk file lain, hard disk bernama lengkap "ST4000DM000" itu bisa menyimpan sebanyak 800.000 file foto atau 450 jam.

Menurut pihak Seagate, kapasitas hard dsk ini 800.000 kali lebih besar dari hard disk pertama yang diperkenalkan perusahaan tersebut pada 1979.

Seagate rencananya akan menjual hard disk 4TB ini dengan harga eceran 212 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 juta.

Kapasitas 4TB atau 4000GB didapat dari empat buah cakram magnetik penyimpan data yang masing-masing memiliki ruang 1TB.

Konfigurasi tersebut diklaim Seagate sebagai yang pertama dan satu-satunya di pasaran saat ini dan mampu memberikan kombinasi performa tinggi, kapasitas besar, serta harga murah.

Dengan kecepatan rotasi 5.900 RPM dibantu cache 64MB dan interface SATA 6 Gbps, hard disk yang bersangkutan diklaim mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 146MB per detik selagi mengkonsumsi daya 35 persen lebih rendah dibandingkan produk serupa dari merk lain.

Produsen media storage selain Seagate juga telah menyediakan hard disk berkapasitas 4TB, termasuk Western Digital yang meluncurkan produknya tahun lalu



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X