Kompas.com - 04/04/2013, 14:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Oleh: Firman Nugraha*

KOMPAS.com — Melihat perkembangan ponsel berbasis Android di Indonesia itu menarik menurut saya. Kini, banyak vendor ponsel berbasis Android yang berlomba-lomba mengeluarkan ponsel berbasis Android yang murah (bahkan sangat murah) di Indonesia.

Sebut saja Nexian, Smartfren, Lenovo, HTC, dan banyak lainnya yang turut mengeluarkan ponsel berbasis Android yang murah di Indonesia.

Untuk mempermudah pembaca untuk melihat ponsel-ponsel berbasis Android murah dan berkualitas mana saja yang menarik untuk dibeli, saya telah mengumpulkan lima ponsel berbasis Android yang menurut saya murah dan berkualitas. Berikut adalah kelima ponsel tersebut.

1. Nexian Mi230 Xplorer Hawk
    
Ini mungkin ponsel berbasis Android yang paling murah di Indonesia yang pernah saya temukan. Harga ponsel keluaran Nexian ini hanya Rp.499.000. Walaupun murah sekali harganya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan prosesor 1 GHz, dual SIM GSM, serta kamera depan dan belakang.

Namun, perlu dicatat ponsel ini tidak mendukung konektivitas 3G yang berarti kita tidak akan mendapatkan konektivitas data yang cepat melalui jaringan operator seluler. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan konektivitas WiFi yang tersedia di ponsel ini.

Melihat harganya yang sangat murah ini jangan berekspektasi terlalu tinggi tentang performa yang ditawarkan. Bisa dibilang ponsel ini cukup berkualitas jika melihat harganya yang sangat murah.
    
2. Smartfren Andromax i

Ponsel berbasis Android dari Smartfren ini cukup membuat saya terkejut ketika dirilis pada akhir tahun 2012 lalu. Harga yang ditawarkan tergolong murah (Rp 1.199.000) jika melihat spesifikasi ponsel yang ditawarkan.

Ponsel ini sudah dilengkapi dengan dual SIM CDMA-GSM, prosesor 1 GHz berinti dua, layar LCD WVGA 4 dengan teknologi IPS, Android versi Ice Cream Sandwich, dan banyak lainnya.

Ponsel ini sempat saya coba dan performanya pun cukup bagus. Sisi tampilan ponsel pun terlihat menarik. Namun, performanya pasti akan menurun ketika pengguna sudah meng-install banyak aplikasi di ponsel ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.