Kompas.com - 04/04/2013, 16:52 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perusahaan mesin pencari terbesar di China, Baidu, ternyata juga mengembangkan kacamata pintar digital yang mirip dengan Google Glass.

Baidu, yang bisa disebut Google-nya China, akan memanfaatkan kekuatannya sebagai perusahaan mesin pencari, dalam hal pencarian gambar dan pengenalan wajah.

Menurut juru bicara Baidu, Kaiser Kuo, proyek kacamata pintar itu dikenal sebagai Eye Baidu. Prototipe-nya sedang dalam uji coba internal.

Kuo mengatakan, kacamata pintarnya akan dipasangkan layar LCD berukuran kecil dan akan memungkinkan pengguna untuk mencari konten gambar dan suara, serta memanfaatkan fitur pengenal wajah.

"Apa yang Anda lakukan dengan kamera Anda. Misalnya, mengambil gambar selebriti dan kemudian memeriksa pada database kami untuk melihat apakah kita memiliki kesamaan gambar wajah. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan perangkat visual yang dikenakan di badan," ujar Kuo seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/4/2013).

Namun, pihak Baidu sendiri belum memutuskan apakah mereka akan mengomersialkan produk itu atau tidak.

"Kami belum memutuskan apakah ini akan dirilis dalam bentuk komersial sekarang. Tetapi, kami bereksperimen untuk setiap jenis teknologi yang terkait," jelas Kuo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan teknologi besar seperti Google dan Apple sedang berinvestasi pada teknologi yang dikenakan di tubuh manusia. Google sudah melakukan banyak aksi pamer kacamata pintar.

Sementara Apple dikabarkan sedang mengembangkan jam tangan pintar. Menurut laporan The New York Times, jam tangan pintar Apple akan dibalut kaca dengan desain melengkung dan memakai platform yang sama seperti iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.