Kompas.com - 05/04/2013, 08:48 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg

KOMPAS.com — Sifat sistem operasi Android yang terbuka alias open source memungkinkan Facebook untuk membuat aplikasi khusus Facebook Home yang mampu mengubah tampilan utama Android. Facebook tak yakin pihaknya bisa menghadirkan Facebook Home di iOS, mengapa?

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan, keterbukaan Android dan kurangnya pengawasan langsung dari Google adalah faktor utama yang membuat perusahaannya merilis Facebook Home.

Jika Facebook Home ingin dibuat di iOS, Zuckerberg mengatakan harus menjalin kemitraan resmi dengan Apple yang terkenal sangat mengontrol ekosistemnya yang tertutup. Ini berarti, kendali Facebook Home juga harus diserahkan ke Apple.

Zuckerberg mengatakan, Facebook Home bukanlah sistem operasi, tetapi juga bukan aplikasi biasa. "Ini adalah versi berikutnya dari Facebook," katanya seperti dikutip dari Engadget, Kamis (4/4/2013).

Aplikasi ini diklaim menawarkan pengalaman mengakses Facebook yang jauh lebih kaya. Begitu dibuka, Facebook Home akan mengubah tampilan utama Android menjadi tampilan baru bernama Cover Feed, yang menampilkan kabar terkini dari akun Facebook pengguna.

Facebook Home memang unik. Ia juga menawarkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah Chat Heads untuk berkirim pesan.

Setelah Android, Zuckerberg tidak mengumumkan akan dibawa ke mana Facebook Home selanjutnya. Apakah mungkin ia akan dibawa ke sistem operasi Windows Phone atau BlackBerry 10?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.