Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Facebook Home Tak Ada di iPhone?

Kompas.com - 05/04/2013, 08:48 WIB

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg

KOMPAS.com — Sifat sistem operasi Android yang terbuka alias open source memungkinkan Facebook untuk membuat aplikasi khusus Facebook Home yang mampu mengubah tampilan utama Android. Facebook tak yakin pihaknya bisa menghadirkan Facebook Home di iOS, mengapa?

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan, keterbukaan Android dan kurangnya pengawasan langsung dari Google adalah faktor utama yang membuat perusahaannya merilis Facebook Home.

Jika Facebook Home ingin dibuat di iOS, Zuckerberg mengatakan harus menjalin kemitraan resmi dengan Apple yang terkenal sangat mengontrol ekosistemnya yang tertutup. Ini berarti, kendali Facebook Home juga harus diserahkan ke Apple.

Zuckerberg mengatakan, Facebook Home bukanlah sistem operasi, tetapi juga bukan aplikasi biasa. "Ini adalah versi berikutnya dari Facebook," katanya seperti dikutip dari Engadget, Kamis (4/4/2013).

Aplikasi ini diklaim menawarkan pengalaman mengakses Facebook yang jauh lebih kaya. Begitu dibuka, Facebook Home akan mengubah tampilan utama Android menjadi tampilan baru bernama Cover Feed, yang menampilkan kabar terkini dari akun Facebook pengguna.

Facebook Home memang unik. Ia juga menawarkan beberapa fitur baru, salah satunya adalah Chat Heads untuk berkirim pesan.

Setelah Android, Zuckerberg tidak mengumumkan akan dibawa ke mana Facebook Home selanjutnya. Apakah mungkin ia akan dibawa ke sistem operasi Windows Phone atau BlackBerry 10?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com