Kompas.com - 05/04/2013, 13:18 WIB
EditorReza Wahyudi

The VergeFacebook Home bisa diunduh di Google Play Store mulai 12 April 2012, tapi hanya untuk beberapa perangkat terpilih.

KOMPAS.com - Facebook resmi meluncurkan aplikasi khusus yang diberi nama Facebook Home pada Kamis (4/4/2013) di Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu, perusahaan jejaring sosial ini juga mengumumkan bahwa Facebook Home telah mendapat dukungan dari beberapa mitra.

Tiga perusahaan komputer yang menguasai pangsa pasar ponsel pintar Android, telah ikut dalam program Facebook Home. Ketiganya adalah Samsung, HTC dan Sony, yang akan menyediakan perangkat agar Facebook Home lebih banyak digunakan oleh konsumen.

Khusus dengan HTC, Facebook bekerjasama dalam pembuatan ponsel pintar HTC First. Ia menjadi ponsel pertama yang dibenamkan aplikasi Facebook Home.

Namun untuk Samsung dan Sony, belum ada informasi rinci soal rencana kedua perusahaan untuk mendukung Facebook Home di masa depan.

Facebook Home sendiri saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Ia baru tersedia untuk diunduh di toko aplikasi Google Play Store pada 12 April 2013. Aplikasi ini hanya bisa berjalan di beberapa perangat dengan merek dan tipe terpilih.

Pendiri sekaligus CEO Facebook mengatakan, aplikasi khusus ini menawarkan pengalaman mengakses Facebook yang lebih kaya dari aplikasi Facebook pada umumnya. "Kami tidak membuat ponsel sendiri, kami juga tidak membuat sistem operasi," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zuckerberg menjelaskan, begitu Facebook Home dibuka, ia akan mengubah tampilan utama Android menjadi tampilan baru bernama Cover Feed, yang menampilkan kabar terkini dari akun Facebook pengguna. Facebook Home juga menawarkan beberapa fitur baru.

Selain produsen ponsel pintar, aplikasi Facebook Home juga didukung oleh perusahaan teknologi semikonduktor Qualcomm dan perusahaan telekomunikasi AT&T asal Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.