Kompas.com - 05/04/2013, 16:21 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pada saat peluncurannya tanggal 12 April mendatang, tidak akan terlihat iklan pada Facebook Home. Tapi  keberadaan Home sebagai platform potensial untuk iklan tidak akan disia-siakan oleh Mark Zuckerberg,

Pendiri Facebook ini menjawab singkat, "ya", ketika ditanya apakah akan memuat iklan pada Facebook Home, dalam sesi tanya jawab peluncuran Facebook Home, Kamis (4/4/2013) waktu timur Amerika Serikat.

"Saat ini memang belum ada iklan, tapi saya yakin suatu saat nanti pasti akan ada," lanjut Zuckerberg mengenai strategi monetisasi Facebook Home, seperti dikutip oleh The Verge.

Iklan-iklan tersebut bisa ditampilkan di tampilan Cover Feed Facebook Home yang mengganti home screen dan lock screen perangkat Android pengguna. Cover Feed menyajikan update real-time dari akun pengguna dalam bentuk gambar/ foto yang memenuhi layar disertai teks singkat mengenai deskripsi feed yang bersangkutan.

Sepintas terdengar tak berbeda dengan yang dilakukan Facebook melalui aplikasi khusus. Tetapi terdapat satu perbedaan penting, iklan yang ditampilkan di Facebook Home (melalui Cover Feed) akan langsung menyambut pengguna begitu melirik home screen atau lock screen.

Lalu, apakah layar home/lock screen tepat dijadikan tempat iklan? Zuckerberg memberi perbandingan, rata-rata pengguna mengunjungi Facebook 12 kali dalam satu hari, tetapi layar lock screen bisa dipandangi 100 kali dalam periode waktu yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.