Kompas.com - 09/04/2013, 12:49 WIB
EditorReza Wahyudi

AppGratis

KOMPAS.com — Ada kabar buruk untuk Anda pengguna aplikasi "AppGratis", yang selama ini memberi promosi aplikasi gratis dan penawaran khusus di sistem operasi iOS. Apple telah menghapus AppGratis dari toko aplikasi App Store.

Belum diketahui alasan pasti mengapa Apple membuang AppGratis. Kedua belah pihak pun belum memberi keterangan resmi.

Seperti dikutip dari AllThingsD, Senin (9/4/2013), besar kemungkinan AppGratis melanggar beberapa aturan. Apple punya peraturan pada Klausul 2.25, yang tidak mengizinkan keberadaan sebuah aplikasi yang menawarkan pembelian atau promosi aplikasi lain. Sebab, fungsi aplikasi tersebut mirip dengan toko aplikasi App Store yang disediakan Apple.

"Aplikasi yang menampilkan aplikasi lain selain milik Anda sendiri untuk pembelian atau promosi dengan cara yang mirip dengan App Store akan ditolak," demikian bunyi Klausul 2.25.

Selain itu, AppGratis juga dinilai melanggar Klausul 5.6 yang baru ditetapkan. "Aplikasi tidak dapat menggunakan push notification untuk mengirim iklan, promosi, pemasaran langsung, atau dalam bentuk apa pun."

Kejadian serupa pernah menimpa AppShoper, yang hingga kini belum kembali ke App Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AppGratis dibuat oleh perusahaan asal Paris, Perancis, yang dipimpin Simon Dawlat. Perusahaan ini berhasil meraih keuntungan 13,5 juta dollar AS pada Januari 2013. Dengan pengguna mencapai 7 juta, sebuah aplikasi yang dipromosikan di AppGratis bisa diunduh hingga 500.000 kali.

Selain menguntungkan bagi AppGratis, layanan ini juga menguntungkan pengembang lain yang aplikasinya dipromosikan lewat AppGratis.

Bagi Anda yang sudah memasang AppGratis di perangkat iOS, Anda masih bisa memakai dan menerima promosi aplikasi gratis dan penawaran khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.