Thunderbolt Kini Bisa Transfer File 20Gb per Detik

Kompas.com - 09/04/2013, 17:22 WIB
EditorReza Wahyudi

engadget.com

KOMPAS.com - Intel mengumumkan generasi berikutnya dari interface Thunderbolt. Kini, kecepatan transfer teoritisnya ditingkatkan hingga mencapai 20 Gigabit per detik atau dua kali lebih besar dari sebelumnya.

Angka itu juga empat kali lipat lebih besar dibandingkan interface USB 3.0 (5 Gigabit per detik).

Seperti dikutip dari Engadget, selain penambahan bandwidth terserbut, teknologi next-gen Thunderbolt yang berkode nama "Falcon Ridge" itu juga memungkinkan transfer file video 4K ke perangkat display eksternal. Itu bisa dilakukan sambil mempertahankan kecepatan transfer 20 Gbps.

Selain itu, standar Thunderbolt yang baru ini akan kompatibel dengan interface Thunderbolt versi sebelumnya sehingga bisa dipakai dengan perangkat yang sudah ada.

Produksi standar Thunderbolt tipe baru rencanaya akan dimulai pada 2014.

Interface Thunderbolt pertama kali diperkenalkan pada awal 2011. Jenis interface ini bisa digunakan untuk mentransfer data dengan cepat ke perangkat storage maupun menyalurkan video ke display eksternal

Thunderbolt banyak dipakai di komputer Mac karena memang merupakan hasil kolaborasi antara Apple dengan Intel.

Di sisi lain, generasi berikutnya dari port USB 3.0 sudah pula diperkenalkan pada Januari lalu. Interface ini akan ditingkatkan kecepatannya dari 5 Gbps menjadi 10 Gbps atau setara dengan Thunderbolt generasi pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.