Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuang AppGratis, Apple Dianggap Plin-Plan

Kompas.com - 10/04/2013, 13:26 WIB

CEO AppGratis Simon Dawlat

KOMPAS.com - Setelah Apple menghapus AppGratis dari toko aplikasi App Store, akhirnya CEO AppGratis Simon Dawlat angkat bicara. Ia kecewa dan mengatakan bahwa peraturan yang dibuat Apple sangat membingungkan.

Menurut Dawlat, keputusan Apple menghapus AppGratis sangat tiba-tiba dan tak terduga. Dia memiliki beberapa percakapan dengan Apple soal izin AppGratis di App Store, di mana Apple selalu menyetujui pembaruan yang dilakukan AppGratis.

"Versi iPad kami (AppGratis-red) benar-benar disetujui kurang dari sepekan yang lalu," tulis Dawlat dalam blog resmi perusahaan, Selasa (9/4/2013).

Nah, pada akhir pekan sekitar tanggal 6 dan 7 April, Apple memutuskan menghapus AppGratis karena melanggar beberapa klausul peraturan di App Store. Salah satunya adalah klausul 2.25, di mana Apple tidak mengizinkan keberadaan sebuah aplikasi yang menawarkan pembelian atau promosi aplikasi lain. Karena, fungsi aplikasi tersebut mirip dengan toko aplikasi App Store yang disediakan Apple.

"Aplikasi yang menampilkan aplikasi lain selain milik Anda sendiri untuk pembelian atau promosi dengan cara yang mirip dengan App Store akan ditolak," demikian bunyi klausul 2.25.

Dawlat berpendapat, tim Apple sangat cepat berubah pikiran. "Saya bertanya, bagaimana bisa dia dan timnya bisa berubah pikiran secepat mungkin dalam semalam," ujar Dawlat. Seluruh keputusan itu, menurutnya, sangat membingungkan. "Dia nampaknya tidak peduli tentang gawatnya situasi, dan tidak membiarkan saya tahu apa spesifik keputusan yang telah dibuat."

Kejadian serupa pernah menimpa AppShoper, yang hingga kini belum bisa kembali ke App Store.

AppGratis adalah aplikasi yang dibuat perusahaan asal Paris, Perancis. Mereka setiap harinya mempromosikan aplikasi lain agar bisa diunduh gratis oleh pengguna iOS, atau bahkan memberi potongan harga.

Game Angry Birds untuk iPhone yang sebelumnya dihargai Rp 9.500, pernah menjadi gratis karena dipromosikan lewat AppGratis.

Perusahaan ini berhasil meraih keuntungan 13,5 juta dollar AS pada Januari 2013 dengan pengguna mencapai 7 juta. Sebuah aplikasi yang dipromosikan di AppGratis bisa diunduh hingga 500 ribu kali dalam sehari dari seluruh dunia. Hal inilah yang membuat perusahaan pengembang aplikasi senang bermitra dengan AppGratis.

Bagi Anda yang sudah memasang AppGratis di perangkat iOS, Anda masih bisa memakai dan menerima promosi aplikasi setiap hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com