Kompas.com - 10/04/2013, 14:29 WIB
EditorReza Wahyudi

theverge.com

KOMPAS.com — Panasonic memperkenalkan Lumix GF6, model terbaru dari seri kamera mirrorless entry-level milik produsen tersebut. Dibanding pendahulunya (GF5), Lumix GF6 dilengkapi dengan sejumlah fitur baru.

Salah satu yang paling menonjol adalah tambahan koneksi WiFi dan NFC yang memungkinkan pengguna GF6 mengontrol kamera tersebut lewat perangkat Android atau iOS.

Hasil tangkapan gambarnya pun bisa langsung ditransfer ke perangkat mobile begitu pengguna menekan tombol shutter relase.

Fitur NFC sebelumnya sudah tersedia di sejumlah model kamera saku Panasonic. Lumix GF6 menandai penggunaan teknologi ini untuk pertama kalinya di lini kamera interchangeable-lens milik produsen tersebut.

Dari sisi teknis, GF6 mengusung sensor micro four-thirds 16MP yang sama dengan Lumix GX1 dengan rentang sensitivitas ISO 160-25600. Dipadu dengan prosesor Venus Engine FHD, Lumix GF6 memberikan kecepatan burst rate mencapai 3,7 FPS.

Kamera ini juga mampu merekam video full-HD hingga format 1080i 60 FPS AVCHD atau 1080p 30 FPS dalam format MP4.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur lainnya termasuk layar LCD 3 inci (1.040.000 piksel) dengan engsel fleksibel yang mampu diputar hingga 180 derajat ke arah depan. Ada pula sebuah zoom lever di sekeliling tombol shutter relase, seperti yang juga ditemukan di kamera saku pada umumnya.

Calon pembeli yang berminat bisa memilih di anatra empat opsi warna, yaitu hitam, putih, coklat, atau merah.

Belum ada informasi resmi mengenai jadwal ketersediaan perangkat ini, tetapi Engadget menyebutkan bahwa Lumix GF6 kemungkinan akan mulai tersedia bulan depan dengan harga 680 dollar AS atau sekitar Rp 6,7 juta untuk versi dengan lensa kit 14-42 mm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.