Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Terbesar Ke-6 di Dunia

Kompas.com - 10/04/2013, 15:08 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Telkomsel

JAKARTA, KOMPAS.comTelkomsel selama ini dikenal sebagai operator seluler dengan jumlah pelanggan terbanyak ketujuh di dunia karena pencapaian 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011. Mulai kuartal pertama 2013, Telkomsel mengklaim telah naik satu peringkat sehingga kini berada di posisi keenam.

"Kami sekarang sudah menjadi operator terbesar keenam di dunia. Ini prestasi yang bagus," kata Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga di sela-sela acara Penandatanganan Kerjasama Telkomsel dan Lion Air untuk Komunikasi di Udara, Rabu (10/4/2013).

Ia mengatakan, jumlah pelanggan Telkomsel saat ini hanya kalah dari dua perusahaan operator seluler asal China, dua perusahaan India, dan satu perusahaan Eropa.

"Yang perusahaan Eropa ini punya bisnis di mana-mana," ujar Alex, yang tak menyebut nama perusahaan operator seluler pesaingnya.

Hingga akhir 2012, Telkomsel mengklaim memiliki 125 juta pelanggan di Indonesia. Anak usaha Telkom ini memiliki 54.000 BTS, termasuk di antaranya 15.000 BTS berteknologi 3G dan 17 BTS terapung di kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) di seluruh Indonesia.

Perusahaan juga memiliki 45 data center telco equipment dan 3 data center IT.

Seiring meningkatnya penetrasi pengguna perangkat mobile, Telkomsel menargetkan bisa menambah jumlah pelanggan hingga 10 persen pada akhir 2013. Selain pelanggan manusia, Telkomsel juga sedang gencar menggaet pelanggan di segmen people-to-machine dan machine-to-machine

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com