Kompas.com - 11/04/2013, 11:04 WIB
EditorReza Wahyudi

Google

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran Play Store versi 4.0, Google dikabarkan sibuk "bersih-bersih" di toko aplikasi tersebut.

TechCrunch melaporkan bahwa raksasa internet itu menghapus sejumlah besar aplikasi dari Play Store selama beberapa minggu terakhir.

Angka penghapusan aplikasi Android ini mencapai puncaknya pada bulan Februari lalu, di mana Google membuang 60.000 aplikasi dari Play Store.

Tak semua pembuangan ini dilakukan oleh Google. Ada juga yang ditarik dari peredaran oleh penerbit mereka sendiri.

Akan tetapi, mengingat angkanya yang termasuk besar, agaknya kebanyakan memang sengaja "dibersihkan" secara langsung oleh Google.

Google memang memiliki kebijakan menghapus aplikasi yang melanggar ketentuan layanan Play Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi pembersihan kali ini disinyalir tidak berkaitan dengan masalah malware, pelanggaran hak cipta, ataupun kandungan pornografi, melainkan pertimbangan kualitas aplikasi yang bersangkutan.

Dengan kata lain, Google membuang aplikasi-aplikasi yang dinilai tidak berkualitas dari Play Store. Sebagian dari aplikasi yang dihapus berkaitan dengan MP3 atau ringtone.

Pihak Google mengumumkan bahwa jumlah aplikasi dalam Play Store masih mencapai lebih dari 700.000 setelah pembersihan tersebut.

Di Google Play Store, setiap developer yang terdaftar bisa menjual aplikasi secara bebas tanpa dinilai terlebih dahulu. Karena itu, ada kalanya Google menindak aplikasi yang ternyata disusupi malware dan berhasil lolos dari filter otomatis.

Sebaliknya, di toko aplikasi Apple App Store, tiap aplikasi diperiksa terlebih dahulu oleh sebuah tim reviewer dan hanya bisa beredar setelah memperoleh persetujuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.