AMD Pacu Adobe Premiere di Windows

Kompas.com - 11/04/2013, 15:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com - Sudah sejak tahun lalu pengguna komputer Mac bisa memanfaatkan akselerasi OpenCL di aplikasi pengolahan video Premiere Pro dari Adobe.

Kini, pihak AMD mengumumkan fitur serupa sudah tersedia di Premiere Pro versi Windows. Dukungan OpenCL di sistem operasi ini pun mencakup semua prosesor seri APU dari AMD, juga kartu grafis seri Radeon dan FirePro.

Akselerasi OpenCL memungkinkan GPU yang tertanam di prosesor utama atau kartu grafis mengambil alih pemrosesan sejumlah efek visual dari CPU. Efek yang dimaksud mencakup "ProcAmp", "Sharpen", "Color Balance RGB", "RGB Color Corrector", dan "Lumetri".

Dengan akselerasi ini, pemrosesan efek-efek tersebut bisa dilakukan jauh lebih cepat. Pada prosesor AMD A10-6800K, misalnya, AMD mengklaim peningkatan kinerja hingga 4,3 kali lipat dengan bantuan OpenCL saat menggunakan filer three-way color corector.

"Para editor video tidak lagi harus menunggu lama ketika melakukan proses penyuntingan, baik ketika rendering maupun menambahkan efek atau memadukan objek. Sekarang semuanya bisa dilakukan dengan kualitas tinggi secara realtime," ujar direktor senior Software Alliances AMD Neal Robison dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno.

Untuk pengguna yang memakai kartu grafis profesional seri AMD FirePro, peningkatan kecepatan dengan OpenCL bisa mencapai 6 kali lipat dibandingkan jika hanya memakai CPU. AMD juga mengklaim akselerasi OpenCL andalannya lebih kencang dibandingkan teknologi serupa bernama CUDA dari Nvidia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AMD tidak merinci kapan persisnya pengguna Premiere Pro versi Windows bisa menikmati akselerasi OpenCL. Tapi produsen ini menyebut "versi mendatang" yang kemungkinan mengacu pada Premiere Pro CS7. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.