Kompas.com - 12/04/2013, 11:21 WIB
EditorReza Wahyudi
linked-income.com

KOMPAS.com - Agaknya kelesuan industri PC masih terus berlanjut, kalau bukan tidak mau disebut memburuk. Laporan terakhir yang dipublikasikan lembaga riset itu menyebutkan bahwa angka pengiriman PC "terjun bebas" di kuartal pertama 2013.

Seperti dikutip oleh AllThingsD, lembaga riset IDC mencatat pengiriman (shipment) PC menurun sebesar 14 persen menjadi 76,3 juta unit. Angka itu jauh lebih buruk dibanding penurunan 7,7 persen yang diprediksi IDC sebelumnya.

"Penurunan kuartal ini merupakan yang terburuk secara year-on-year semenjak IDC mulai mencatat angka pengiriman PC sejak 1994," tulis lembaga itu dalam laporannya. IDC juga menyebutkan bahwa hasil ini sekaligus menandai penurunan berturut-turut selama empat bulan terakhir. 

IDC

Versi Windows terbaru dari Microsoft, Windows 8 dan produk-produk chip dari Intel dinilai gagal membangkitkan ketertarikan konsumen dan kalangan bisnis terhadap PC.

Menurut data IDC, produsen PC yang mencatat penurunan year-on-year terburuk adalah Acer yang pengirimannya turun 32 persen. Hewlett Packard yang menjadi pemimpin pasar mengalami penurunan shipment sebesar 24 persen.

Adapun Lenovo mencatat stagnansi pengiriman PC year-on-year, alias mencatat angka pertumbuhan 0 persen.

Firma riset Gartner juga mempublikasikan temuan serupa. Untuk pertama kalinya sejak 2009, menurut lembaga ini, pengiriman PC per kuartal turun di bawah 80 juta unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka pengiriman 79,2 juta unit yang dicatat lembaga ini merefleksikan penurunan 11,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun 2012. Oleh Gartner, jumlah tersebut dikatakan sebagai penurunan yang "paling signifikan" sejak 2001.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.