Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Z10 Banyak Dikembalikan ke Toko?

Kompas.com - 12/04/2013, 14:10 WIB

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Model menunjukkan smartphone BlackBerry Z10 yang diluncurkan di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (4/3/2013).

KOMPAS.com — Dua lembaga riset menyatakan penjualan ponsel pintar BlackBerry Z10 tidak mendapat sambutan baik di Amerika Serikat (AS). Banyak pengguna yang memilih untuk mengembalikan produk tersebut. Namun, pihak BlackBerry membantah laporan itu.

Joseph Fersedi, analis dari lembaga riset ITG Investment Research, mengatakan, peluncuran BlackBerry Z10 di AS mulai memburuk dan melemah signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Fersedi berpendapat, pada mulanya BlackBerry Z10 di toko operator seluler Verizon mencapai 4 persen, dan 7 persen di toko AT&T. Namun, jumlah penjualan itu turun menjadi 1 sampai 2 persen.

Lembaga jasa keuangan Detwiler Fenton & Co. juga menyampaikan kabar buruk untuk BlackBerry. Menurut Detwiler Fenton & Co, beberapa pengecer di AS melihat banyak pelanggan yang mengembalikan BlackBerry Z10 karena menganggap ponsel tersebut kurang intuitif.

Hal ini memang diperbolehkan karena di pasar AS ada kebijakan pengembalian barang jika konsumen tidak puas dengan produk yang dibeli.

"Dalam beberapa kasus, pengembalian sekarang telah melebihi penjualan, sebuah fenomena yang belum pernah kita lihat sebelumnya," tulis lembaga riset Detwiler Fenton & Co dalam sebuah laporan, Jumat (12/4/2013).

BlackBerry dengan cepat menanggapi spekulasi dua lembaga riset itu. Perusahaan Kanada mengatakan, apa yang dilaporkan adalah tidak benar.

"Ini benar-benar palsu. Data kami menunjukkan bahwa tingkat pengembalian untuk perangkat BlackBerry Z10 di AS dan pasar global berjalan sesuai harapan atau lebih baik dari harapan kami, dan konsisten dengan tingkat pengembalian untuk smartphone premium lainnya di pasar saat ini," BlackBerry membantah dalam sebuah keterangan, seperti dikutip dari Bloomberg.

Sejatinya, BlackBerry Z10 dirancang untuk bersaing langsung dengan Apple iPhone dan ponsel Android kelas premium. Namun, jika melihat antusiasme warga AS terhadap BlackBerry Z10, ini maka bukanlah pertanda baik untuk BlackBerry.

Para analis memprediksi, ponsel BlackBerry Q10 yang mengusung desain papan ketik fisik justru akan meraih prestasi lebih baik ketimbang Z10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com