Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ISRAEL-PALESTINA

Israel Buka Kembali Perbatasan dengan Gaza

Kompas.com - 12/04/2013, 16:55 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Israel membuka kembali pintu perbatasan menuju Jalur Gaza, Jumat (12/4/2013), setelah sempat menutupnya selama beberapa hari sebagai respon atas serangan roket dari Gaza.

"Pintu perbatasan Kerem Shalom dibuka kembali hari ini," kata juru bicara unit Kementerian Pertahanan Israel urusan Palestina, Guy Inbar.

"Perbatasan itu tidak akan berfungsi normal pada Jumat, namun kami membukanya agar arus transportasi bahan pokok bisa masuk ke Gaza," tambah dia.

Sebelumnya, PBB menyatakan keprihatinannya atas penutupan perbatasan yang berdampak atas pasokan berbagai kebutuhan warga Palestina.

"Penutupan perbatasan itu berakibat berkurangnya pasokan kebutuhan pokok, termasuk bahan pangan dan gas untuk memasak. Langkah ini membahayakan kehidupan banyak keluarga di Gaza," kata Kordinator Kemanusiaan PBB untuk Palestina, Kames W Rawley.

Israel menutup perbatasannya dengan Gaza setelah sejumlah roket ditembakkan dari wilayah yang dikuasai Hamas itu ke Israel, saat negeri Yahudi itu tengah memperingati kekejaman holocaust.

Militer Israel mengatakan perlintasan Kerem Shalom ditutup namun perbatasan lain dibuka khusus untuk bantuan kemanusiaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com