"Hamster" Wakili Indonesia ke Rusia - Kompas.com

"Hamster" Wakili Indonesia ke Rusia

Kompas.com - 13/04/2013, 09:09 WIB

Microsoft Indonesia Anggota Tim Solite Studio berpose di panggung dalam acara final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia, Jumat (12/4/2013)

KOMPAS.com - Tim Solite Studio berhasil muncul sebagai pemenang utama Kompetisi Microsoft Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia dalam acara penjurian para finalis di Jakarta, Jumat (12/4/2013) kemarin.

Menyisihkan 8 finalis lain, tim yang mewakili Universitas Trunojoyo Madura ini berhasil menjadi juara lewat game edukatif berjudul "Save the Hamster".

"Konsep solusinya sudah matang dan berhasil memadukan aspek edukasi matematika dengan permainan yang menarik," komentar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro tentang Save The Hamster dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno.

Game Save The Hamster sendiri adalah game pada platform Windows Phone yang menceritakan empat ekor hamster yang tersesat. Tugas pemain adalah membantu mereka pulang.

Pelajaran matematika disisipkan dalam bentuk simbol matematika di tanah yang harus dicocokkan dengan hamster yang bersarang di situ.

Bersama peserta dari 108 negara lain di seluruh dunia, Solite Studio akan mewakili Indonesia dalam acara final dunia Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia, 8-11 Juli mendatang. Mereka berkesempatan meraih hadiah utama senilai Rp 500 juta.

Yakin menang

Imagine Cup adalah kompetisi tahunan yang mengajak para mahasiswa dan pelajar menciptakan sebuah karya teknologi yang dapat mengatasi suatu permasalahan tertentu dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Kompetisi tersebut sudah digelar oleh Microsoft sejak tahun 2003, tetapi belum ada tim dari Indonesia yang berhasil menjadi juata di salah satu kategori utama. Hal tersebut diyakini Andreas bakal berubah tahun ini.

"Saya menargetkan kita harus membawa gelar juara dari Rusia. Pemilihan juri untuk Imagine Cup 2013 Indonesia kali ini jauh lebih ketat, supaya (tim) yang kita kirim juga berkualitas bagus," ujarnya dalam acara konferensi pers final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia di Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam Imagine Cup tahun ini, yaitu Innovation, Games, dan World Citizenship. Karya tim Solite Studio yang menjadi pemenang Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia termasuk dalam kategori game.


EditorWicaksono Surya Hidayat

Close Ads X