Kompas.com - 13/04/2013, 12:19 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam jamuan diplomatik yang mengundang duta besar dari 90 negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menggelar demo masak nasi goreng. Presiden dan Ibu Negara akan memasak langsung nasi goreng di hadapan para perwakilan negara sahabat di Istana Cipanas, Sabtu (13/4/2013).

Lantas, bagaimana rasa nasi goreng ala SBY ini?

“Tentunya ini spesial. Kami juga pernah coba dan memang enak sekali rasanya,” kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha yang mengaku pernah mencoba nasi goreng racikan sang Kepala Negara itu.

Menurut Julian, nasi goreng ala Presiden ini akan disajikan kepada para tamu undangan. Ada sekitar 300 orang yang terdiri dari para duta besar beserta keluarganya, dan perwakilan lembaga internasional yang berkesempatan mencicipi nasi goreng tersebut.

“Jadi nanti kan diramu untuk 300 orang,” tambah Julian.

Dia menambahkan, jamuan diplomatik yang digelar Presiden Yudhoyono ini disambut baik para duta besar. “Mereka sangat puas, apalagi suasananya informal dan mereka bisa lihat secara detail suasana istana ini,” ucap Julian.

Acara jamuan diplomatik ini bertujuan mempererat persahabat antarnegara. Presiden akan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono beserta istri, dan Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa beserta istri. Tampak pula menteri lainnya seperti Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, serta Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan. Selain itu, hadir pula pimpinan lembaga tinggi negara, antara lain, Kepala Kepolisian RI Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, serta Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam acara tersebut, para duta besar asing diperkenakan membawa keluarga mereka ke Istana Cipanas. Acara akan berlangsung santai sehingga menciptakan suasana keakraban antara Presiden Yudhoyono dengan perwakilan negara sahabat tersebut.

Selain diisi dengan demo masak nasi goreng, perjamuan diplomatis ini menggagendakan olahraga bersama dengan berjalan kaki menyusuri sudut Istana Cipanas. Salah satu tempat yang rencananya akan dikunjungi Presiden dan para duta besar itu adalah Taman Herbalia. Taman ini berupa kebun yang ditanami tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat dalam dunia pengobatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.