Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,5 Miliar Dollar AS dari China untuk Paman Sam

Kompas.com - 14/04/2013, 01:02 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Pengembang asal China, Zarsion Holdings Group Co., mulai percaya diri mengepakkan sayap bisnisnya ke mancanegara. Proyek besutannya adalah perumahan tepi air (waterfront property) The Oakland di California, Amerika Serikat. Mereka menjalin aliansi strategis dengan Signature Development Corp. melalui penanaman ekuitas senilai 1,5 miliar dollar AS atau setara Rp 14,5 triliun.

Waterfront project  tersebut berisi 3.000 unit rumah, ribuan unit ruko dan perkantoran, pusat belanja, dan sebuah dermaga berkapasitas 200 kapal di sepanjang muara The Oakland.

President Director Signature Development Corp Michael Ghielmetti mengatakan kepastian investasi dan kerja bareng Zarsion ini didapat ketika ia menemani kunjungan misi perdagangan Gubernur California Edmund G. Brown Jr.

“Ini proyek masif di mana China terlibat di dalamnya yang bakal menyerap ribuan warga California untuk bekerja dan memperbaiki lingkungan tepi air Oakland,” ujar Brown yang juga pernah menjabat sebagai walikota Oakland  seraya menambahkan bahwa proyek perumahan ini hanyalah salah satu contoh peluang yang bisa direalisasikan oleh dua negara paling dinamis di dunia.

Zarsion adalah pemain besar sektor properti di China. Pengembang yang berbasis di Beijing ini telah melahirkan  puluhan juta meter persegi bangunan tapak yang tersebar di seantero negeri Tirai Bambu itu. Sementara Signature mencetak karya sebanyak 12 perumahan di San Fransisco, San Jose dan Sacramento. Dengan investasi ekuitas sebesar itu, membuat pengembangan The Oakland tak lagi memerlukan kredit konstruksi dan penjualan pra komitmen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com