Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Pun Punya Akun Twitter...

Kompas.com - 14/04/2013, 02:13 WIB

Sabtu kemarin betul-betul menjadi harinya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada hari itu, di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, SBY meluncurkan akun Twitter- nya yang bernama @SBYudhoyono. Tweet pertama SBY lewat akun itu ialah ”Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan dan inspirasi. Salam kenal. *SBY*”.

Tweet perdana dilakukan SBY pukul 19.24 di Istana Cipanas. Ia didampingi Ny Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri Aliya Rajasa. Akun SBY dikelola oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Khusus tweet yang langsung dilakukan Presiden, tweet akan ditandai kode *SBY*.

Akun @SBYudhoyono tertulis mulai dibuat pada 27 Maret 2013, tetapi dibiarkan tanpa tweet, hingga tweet perdana kemarin. Walaupun belum ada tweet, jumlah follower (pengikut) akun @SBYudhoyono meningkat pesat sepanjang Sabtu. Pertambahan mencapai sekitar 5.000 follower dalam waktu 5 menit. Sekitar 40 menit setelah SBY meluncurkan tweet perdana, akunnya mempunyai 199.577 follower.

Akun @SBYudhoyono ramai dibicarakan sejak Sabtu pagi. Ada ocehan di Twitter yang menilai, lewat akun itu, SBY seharusnya bisa lebih cepat merespons keluhan masyarakat terhadap buruknya pelayanan publik.

SBY bukan satu-satunya kepala negara yang memiliki akun Twitter. Presiden Amerika Serikat Barack Obama (@BarackObama) membuka akun Twitter sejak 6 Maret 2007. Ada 29.758.398 akun yang menjadi follower-nya.

SBY mengatakan, pengajuan verifikasi kepada Twitter dilakukan pada bulan lalu. Proses verifikasi pun dilakukan Twitter untuk memastikan bahwa akun @SBYudhoyono memang dimiliki SBY. Proses berlangsung cepat, hanya sebulan.

Presiden RI membuat akun Twitter karena dari 20 kepala negara anggota G-20, tinggal empat orang yang belum memiliki akun Twitter. Seorang di antaranya adalah SBY.

Kesukaan SBY pada angka sembilan terlihat dalam acara peluncuran perdana akun Twitter-nya. Ia memutuskan hanya akan mem-follow sembilan akun. Enam akun di antaranya ialah akun Wakil Presiden Boediono, Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Annisa Pohan, Aliya Rajasa, dan Istana untuk Rakyat (@IstanaRakyat).

Beberapa jam sebelum meluncurkan akun Twitter, SBY juga ”meluncurkan” ke hadapan publik kemampuannya membuat nasi goreng. Pembuatan nasi goreng dilakukan SBY dalam acara Diplomatic Gathering.

Di acara itu, lebih dari 50 duta besar dan keluarga beramah-tamah dengan keluarga Presiden, Wakil Presiden, para menteri, dan pejabat tinggi lainnya. (A Tomy Trinugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com