Tak Beri Garansi, Apple Didenda Rp 514 Miliar

Kompas.com - 14/04/2013, 13:06 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

cnet.com

KOMPAS.com - Sekelompok pengguna produk Apple di AS mengajukan gugatan bersama (class action) terhadap Apple di Pengadilan Federal San Fransisco, karena perusahaan tak menghargai garansi iPhone dan iPod Touch yang terkena air. Hakim mengabulkan gugatan, Jumat (12/4/2013), dan meminta Apple membayar denda sebesar 53 juta dollar AS (sekitar Rp 514 miliar).

Apple pun setuju membayar denda itu dan menghargai garansi konsumen. Dikutip dari Wired, perangkat yang terkait masalah adalah iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, dan iPod Touch generasi pertama, kedua, dan ketiga.

Jumlah yang akan dibayar Apple ke konsumen, masing-masing sebesar 200 dollar AS. Nilainya bisa lebih tergantung klaim yang diajukan .

Apple sebenarnya telah melakukan upaya untuk mendeteksi produk yang terkena air. Perusahaan memasang stiker khusus warna putih di daerah headphone atau port charging. Apabila terkena air, stiker akan berubah warna menjadi merah atau merah muda.

Dalam hal ini, Apple bekerjasama dengan pemasok stiker 3M. Namun, menurut 3M, perubahan warna pada stiker tidak hanya dipacu oleh sentuhan air saja. Terkadang, udara yang terlalu lembab bisa mengubah warna stiker menjadi merah muda.

Nah, seringkali Apple tidak mau mengganti dan memperbaiki produk yang rusak jika stiker berubah jadi merah muda. Dalam salah satu aturan garansi Apple, perusahaan tak akan mengganti atau memperbaiki produk apabila kerusakan disebabkan oleh kesalahan pengguna sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsumen yang mengajukan gugatan berkilah, mereka tidak memasukkan produk Apple ke air, baik sengaja ataupun tidak. Produk mereka juga masih berada dalam program garansi 1 tahun atau 2 tahun tambahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.