Bing Paling Rajin Mencari Malware

Kompas.com - 15/04/2013, 13:00 WIB
EditorReza Wahyudi

geek.com

KOMPAS.com - Mesin pencari kerap dipakai pengguna internet dalam mencari informasi atau situs. Tapi, hasil pencariannya tak selalu aman karena kadangkala ada saja tautan ke situs berbahaya yang ikut nimbrung.

Soal ini, menurut hasil penelitian firma sekuriti AV-Test, mesin pencari milik Microsoft, Bing ternyata lebih rajin menyajikan tautan (link) berisi malware dibandingkan mesin pencari Google.

AV-Test menghabiskan waktu 18 bulan meneliti lebih dari 40 juta hasil pencarian dari sejumlah search engine -termasuk Yandex, Blekko, dan Baidu- dan mengidentifikasi sekitar 5.000 malware yang ikut terjaring.

Google dan Bing masing-masing menyumbang 10 juta hasil pencarian. Dari jumlah itu, ternyata Google meloloskan 272 tautan berbahaya. Untuk Bing, angkanya lima kali lebih besar, yaitu 1285 tautan yang menjurus ke malware.

Adapun urutan pertama ditempati mesin pencari Yandex asal Rusia yang menyelipkan 3.330 link malware atau sepuluh kali lipat yang diberikan oleh Google.

AV-Test.org

Masih aman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, penelitian AV-Test juga menunjukkan bahwa jumlah tautan berbahaya yang terselip dalam hasil pencarian search engine ternyata hanya 0,01 persen dari keseluruhan hasil pencarian (5.000 dari 40 juta) sehingga relatif tidak terlalu berbahaya bagi pengguna.

Meski angka 0,01 persen tersebut bisa menggelembung lebih besar lagi jika dikalikan dengan total angka pencarian di seluruh dunia yang setiap harinya mencapai 3 miliar entry, kebanyakan pengguna memakai mekanisme proteksi lain untuk melindungi diri mereka.

Contohnya seperti suite keamanan internet dari Norton atau McAfee yang turut memindai hasil pencarian search engine dan mengingatkan pengguna apabila tautan yang bsersangkutan ternyata menuju ke situs berbahaya.

Peramban-peramban internet terbaru pun telah dilengkapi mekanisme pengamanan yang akan menyaring situs-situs mencurigakan.

Sebagai langkah tambahan, pengguna bisa secara aktif menghindari situs web berisiko tinggi seperti situs porno.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.