Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ultrapixel HTC One Ditantang 2 Smartphone Megapixel

Kompas.com - 15/04/2013, 14:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sedikit melawan tren kamera smartphone yang menuju ke arah peningkatan resolusi mencapai belasan megapixel, HTC justru hanya membekali smartphone andalan barunya, HTC One, dengan unit kamera 4 megapixel.

Tapi jangan dulu memandang smartphone ini dengan sebelah mata. HTC One mengusung teknologi kamera "Ultrapixel" yang boleh dibilang merupakan inovasi berani dalam dunia fotografi smartphone.

Seperti yang bisa ditemukan dalam penjelasan lengkap di tautan ini, istilah Ultrapixel mengacu pada ukuran reseptor cahaya ("pixel") pada sensor kamera HTC One yang lebih besar dibandingkan smartphone lainnya. Ukuran yang lebih besar tersebut diklaim membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghasilkan gambar lebih bagus.

Ukuran sensor kamera Ultrapixel sendiri juga diklaim lebih besar dibandingkan smartphone lain, yaitu 1/3 inci.

Kekurangan teknologi ini, kamera HTC One hanya memiliki resolusi 4 megapixel atau jauh di bawah smartphone high-end lainnya yang kini mengusung sensor 8 megapixel atau lebih.

Mengapa bisa begitu? Bayangkan Anda mengisi penuh sebuah ember dengan bola ping-pong. Kosongkan ember tersebut, lalu isi penuh kembali, kali ini dengan bola tenis. Tentu, jumlah bola tenis yang bisa dimasukkan dalam ember lebih sedikit dari bola ping-pong karena ukurannya lebih besar. Itulah yang terjadi pada kamera HTC One dengan sensor Ultrapixel-nya yang memiliki pixel berukuran lebih besar dari smartphone lain.

Seperti apakah efeknya di dunia nyata? Kompas Tekno mencoba membandingkan hasil tangkapan gambar HTC One dengan dua smartphone lain yang memiliki resolusi lebih tinggi, yaitu iPhone 4S (8 Megapixel) dan Sony Xperia Z (13 Megapixel).

htc_one_comparison_main
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Semua parameter pengaturan diserahkan pada masing-masing smartphone dengan setting otomatis. Hasilnya bisa dilihat pada perbandingan di bawah ini. Foto teratas diambil dengan HTC One, disusul iPhone 4S dan Xperia Z secara berurutan.

htc_one_comparison_GOOD

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.