Kompas.com - 15/04/2013, 16:24 WIB
EditorReza Wahyudi

Ubergizmo

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Microsoft dikabarkan mengikuti jejak Apple,dalam membuat produk kategori baru semacam jam tangan, tetapi memiliki fungsi yang lebih luas dan cerdas.

Seorang sumber kepada situs Wall Street Journal, Senin (15/4/2013), membeberkan, perusahaan raksasa teknologi tersebut telah meminta penyuplai di Asia mengirimkan komponen-komponen yang diduga akan digunakan di perangkat jam tangan pintar. Salah satu komponen yang dipesan adalah layar sentuh berukuran 1,5 inci.

Salah satu petinggi dari supplier tersebut juga mengaku telah bertemu dengan tim pengembang (R&D) Microsoft di Redmond, Washington, AS. Namun, ia belum tahu Microsoft akan memproduksi secara massal jam tangan pintar tersebut atau tidak.

Ini bukan kali pertama bagi Microsoft dalam mencoba peruntungannya dalam bisnis jam tangan digital. Pada tahun 2008, Microsoft telah membuat sebuah produk jam tangan dalam proyek Personal Objects Technology (SPOT).

Dalam proyek tersebut, Microsoft bekerjasama dengan beberapa pembuat jam tangan terkenal, seperti Fossil, Suunto, dan Swatch.

Produk SPOT ini mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan singkat melalui layanan Windows Messenger, membaca berita, mencari informasi saham, dan melihat prediksi cuaca. Semua fungsi tersebut akan dihadirkan melalui sebuah layanan berbayar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, Microsoft tidak melanjutkan proyek SPOT itu karena harga perangkat tersebut yang terlalu mahal. Dikabarkan, untuk mendapatkan produk SPOT ini, konsumen harus merogoh kocek hingga 800 dollar AS.

Perusahaan teknologi besar lainnya, seperti Apple, Samsung, dan Google, sedang berinvestasi pada teknologi yang dikenakan di tubuh manusia. Google sudah melakukan banyak aksi pamer kacamata pintar.

Sementara Apple dan Samsung dikabarkan sedang mengembangkan jam tangan pintar. Menurut laporan New York Times, jam tangan pintar Apple akan dibalut kaca dengan desain melengkung dan menggunakan platform yang sama seperti iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.