Kompas.com - 16/04/2013, 12:05 WIB
EditorReza Wahyudi

techradar.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus meningkatnya ancaman malware di perangkat Android telah membuat perusahaan keamanan jaringan komputer dunia berlomba-lomba menghadirkan produk khusus untuk melindungi sistem operasi buatan Google ini.

Salah satu perusahaan keamanan yang telah bergabung ke persaingan produk dengan jenis tersebut adalah Eset. Beberapa waktu lalu, perusahaan asal Slowakia ini meluncurkan sebuah produk baru yang dinamakan Eset Mobile Security di Indonesia.

Eset Mobile Security secara khusus menargetkan untuk pasar Android, walau sebenarnya bersifat Uni-license atau bisa lintas sistem operasi, seperti untuk Windows Mobile maupun Symbian.

Salah satu fungsi utama dari produk ini adalah untuk menghalau dan juga menghapus malware yang masuk ke sistem Android.

Dengan memanfaatkan engine milik antivirus Eset Nod32, perlindungan dari aplikasi ini akan melakukan pemindaian pada semua aplikasi, file, folder, dan data pada kartu memori dalam perangkat smartphone untuk mendeteksi ancaman secara real time.

Produk itu juga bisa digunakan untuk melindungi data yang ada di ponsel dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Eset Mobile Security memiliki sebuah fitur yang dinamakan anti-theft yang terdiri dari beberapa aplikasi yang mampu melakukan langkah penyelamatan apabila ponsel hilang.

Salah satu fiturnya disebut sebagai SIM Matching. Apabila si pengambil ponsel mengganti kartu SIM dari ponsel, maka secara otomatis ponsel akan mengirimkan SMS ke sebuah nomor yang sudah ditentukan, informasi mengenai SIM baru tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui nomor baru yang digunakan di perangkat yang hilang.

Pengguna juga dapat melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan fitur GPS Localization. Pengguna pun diizinkan untuk melakukan penguncian pada perangkat smartphone, hingga Remote Wipe yang mampu menghapus semua data yang tersimpan di dalam smartphone yang hilang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.