Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelekkan HTC, Samsung Disidik

Kompas.com - 16/04/2013, 13:38 WIB
Baz Ratner/Reuters Samsung

KOMPAS.com - Samsung sedang diselidiki pihak berwenang Taiwan karena diduga melakukan kampanye terselubung dan praktik iklan palsu untuk menjelek-jelekan HTC, Senin (15/4/2013).

Menurut laporan kantor berita AFP, Samsung menyewa sejumlah pelajar untuk menulis komentar negatif di media online tentang ponsel keluaran HTC. Para siswa itu juga diminta menulis positif dan secara tak langsung mempromosikan produk Samsung.

Kampanye terselubung ini dilakukan melalui biro iklan lokal yang disewa Samsung Taiwan. Secara global, Samsung dan HTC memang bersaing memperebutkan pangsa pasar ponsel bersistem operasi Android.

Kepada situs web teknologi The Verge, juru bicara Samsung mengatakan bahwa kantor perwakilan Taiwan "telah menghentikan semua kegiatan pemasaran yang melibatkan publikasi komentar anonim." Samsung juga menegaskan, langkah itu tidak konsisten dengan kebijakan perusahaan.

Jika Samsung dinyatakan bersalah oleh pihak berwenang, maka berusahaan dikenakan denda mencapai 835.000 dollar AS.

Komisi Pengawas Perdagangan Taiwan sebelumnya pernah memberikan denda kepada Samsung, setidaknya dua kali dalam setahun terakhir. Samsung pernah didenda sekitar 7.670 dollar AS karena iklan yang dinilai menyesatkan dari satu model ponsel Galaxy Y Duos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com