Microsoft Kembalikan "Selera Asal" di Windows 8.1

Kompas.com - 18/04/2013, 11:33 WIB
EditorReza Wahyudi

theverge.com

KOMPAS.com - Windows 8 membawa sejumlah perubahan radikal ke seri sistem operasi Microsoft yang tampilannya relatif tak berubah selama bertahun-tahun. Yang paling kontroversial adalah tombol "Start" yang dilenyapkan serta diganti oleh "Start Screen" baru.

Mungkin lantaran perubahan itu ternyata kurang disukai pengguna, Microsoft dikabarkan bakal mengembalikan tampilan "selera asal", yaitu tombol Start tradisional, pada "Windows Blue" yang akan menjadi suksesor Windows 8.

Selain itu, "selera asal" lain yang akan dikembalikan Microsoft, yaitu "boot-to-desktop". Seperti dikutip dari ZDNet dan TheVerge, Microsoft disinyalir bakal menawarkan booting komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh situs Microsoft Portal (melalui WinBeta.org) setelah menelusuri file sistem operasi yang kabarnya bakal memiliki nama resmi Windows 8.1 ini.

Mengenai kemungkinan hadir kembalinya tombol Start, seorang sumber anonim menyatakan bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan hal tersebut sebagai opsi yang dapat dipilih dalam Windows 8.1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sang sumber juga menyatakan bahwa semuanya masih belum pasti dan bisa saja berubah sebelum Windows 8.1 mulai dirilis. Diperkirakan versi release to manufacturing (RTM) dari sistem operasi ini bakalan sudah siap Agustus 2013 mendatang.

Sebelum itu, pengguna Windows 8 yang merindukan tampilan lawas OS terdahulu bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Start8 dan Classic Shell untuk mengembalikan tombol Start klasik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.