Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kembalikan "Selera Asal" di Windows 8.1

Kompas.com - 18/04/2013, 11:33 WIB

theverge.com

KOMPAS.com - Windows 8 membawa sejumlah perubahan radikal ke seri sistem operasi Microsoft yang tampilannya relatif tak berubah selama bertahun-tahun. Yang paling kontroversial adalah tombol "Start" yang dilenyapkan serta diganti oleh "Start Screen" baru.

Mungkin lantaran perubahan itu ternyata kurang disukai pengguna, Microsoft dikabarkan bakal mengembalikan tampilan "selera asal", yaitu tombol Start tradisional, pada "Windows Blue" yang akan menjadi suksesor Windows 8.

Selain itu, "selera asal" lain yang akan dikembalikan Microsoft, yaitu "boot-to-desktop". Seperti dikutip dari ZDNet dan TheVerge, Microsoft disinyalir bakal menawarkan booting komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh situs Microsoft Portal (melalui WinBeta.org) setelah menelusuri file sistem operasi yang kabarnya bakal memiliki nama resmi Windows 8.1 ini.

Mengenai kemungkinan hadir kembalinya tombol Start, seorang sumber anonim menyatakan bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan hal tersebut sebagai opsi yang dapat dipilih dalam Windows 8.1.

Sang sumber juga menyatakan bahwa semuanya masih belum pasti dan bisa saja berubah sebelum Windows 8.1 mulai dirilis. Diperkirakan versi release to manufacturing (RTM) dari sistem operasi ini bakalan sudah siap Agustus 2013 mendatang.

Sebelum itu, pengguna Windows 8 yang merindukan tampilan lawas OS terdahulu bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Start8 dan Classic Shell untuk mengembalikan tombol Start klasik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com