Kompas.com - 19/04/2013, 13:59 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat

Oik Yusuf/KompasTekno Oppo Find 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ponsel pintar Android tak hanya disesaki oleh Samsung, Sony, LG dan HTC saja. Ada produsen lain yang tak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya adalah Oppo yang sebelumnya terkenal dengan produk pemutar cakram Blu-ray.

Oppo sudah membuka kantor perwakilan di Indonesia sejak awal 2013. Produsen ini nampak serius untuk ikut bertarung di medan perang ponsel pintar Android. Mereka mengandalkan Oppo Find 5, yang memiliki layar seluas 5 inci dengan kualitas full-HD. Produsen ini mengklaim telah memiilki pangsa pasar yang besar di China.

Oppo mengklaim Find 5 termasuk dalam jajaran ponsel premium, namun menawarkan harga terjangkau di kelasnya. Apakah Find 5 sungguh bisa disebut ponsel premium? Untuk mengetahui jawabannya, pastikan Anda menyimak ulasan ini hingga tuntas.

Desain

Oppo Find 5 hadir dengan perpaduan warna putih dan hitam. Tepi layar diberi warna hitam pekat, sedangkan warna putih menyelimuti bagian belakang dan bagian depan bawah. Dari sisi konstruksi, Find 5 terasa kokoh dan padat, meskipun memakai material plastik di bagian belakang dan samping.

IMG_9961

IMG_9965

Bobotnya terbilang berat untuk ukuran ponsel pintar yang beredar saat ini, sekitar 165 gram. Meski demikian, Find 5 tampil ramping dengan ketebalan 165 gram.

Oppo memperhatikan sisi estetika Find 5. Ia tampil indah dengan konsep minimalis tanpa tombol fisik di depan. Tombol fisik yang ada di ponsel ini hanyalah tombol pengatur volume di sisi kanan dan tombol daya di sisi kiri. Di atas tombol daya ada ruang untuk kartu Micro SIM.

IMG_9955

IMG_9953

Di sisi atas ada konektor audio 3,5mm dan di bagian bawah ada konektor MicroUSB serta mikrofon. DI bagian belakang terdapat logo Oppo berwarna abu juga kamera dan LED flash. Panel belakang Find 5 tak bisa dibuka, sehingga Anda tak bisa membuka-pasang baterai seperti lini produk ponsel Samsung.

Layar

Find 5 memiliki layar seluas 5 inci yang mendukung resolusi 1.920 x 1.080 pixel dan ketajaman 441 pixel per inci (ppi). Layar ini telah dilapisi kaca anti gores dan anti pecah Gorilla Glass.

KompasTekno dibuat terkejut dengan kualitas layar Find 5 yang mereproduksi ketajaman warna dengan baik. Kualitasnya terlihat saat memainkan video beresolusi tinggi. Anda tinggal mengunduh aplikasi pemutar multimedia yang bisa memainkan berbagai format video untuk menikmati ketajaman layar Find 5.

Ketika berada di bawah sinar matahari terik, ikon maupun teks yang ada di layar Find 5 masih bisa dilihat dengan jelas.

IMG_9949

IMG_9948

Jenis layar yang dipakai adalah IPS LCD. Seperti layar LCD di ponsel pada umumnya, kontras dan saturasi warna pada layar Find 5 terbilang tinggi. Jika kecerahan layar diatur pada tingkat tertinggi, ia agak membuat mata sakit. Anda harus mengatur kecerahan agar mata terasa nyaman saat memandangi layar Find 5.

Tampilan antarmuka

Oppo melakukan kustomisasi tampilan antarmuka Android, karena Google memang membebaskan hal itu. Tampilan default di Find 5 tidak terlihat keren. Dari sudut pandang KompasTekno, tampilan ini kaku dan membuang banyak ruang. Ikon aplikasi didesain sangat besar dan semuanya berbentuk kotak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.