Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirabook, Laptop Tipis "Retina Display" dari Toshiba

Kompas.com - 19/04/2013, 15:34 WIB

Pocket-Lint Toshiba Kirabook

KOMPAS.com - Toshiba meluncurkan sebuah perangkat Ultrabook baru yang dinamakan Kirabook. Salah satu kelebihan dari laptop tipis ini adalah layarnya yang mampu mendukung resolusi yang sangat tinggi, yaitu 2560 x 1440 piksel.

Besarnya dukungan resolusi tersebut tidak jauh berbeda dari produk MacBook Pro dengan layar Retina Display milik Apple dan juga Chromebook Pixel buatan Google. Layar kedua produk tersebut masing-masing mampu mendukung resolusi 2560 x 1600 piksel dan 2560 x 1700 piksel.

Baik layar Kirabook, MacBook Pro Retina Display, dan Google Chromebook Pixel sama-sama berada di rentang ukuran 13 inci.

Tingkat kerapatan dari layar Kirabook ini pun cukup tinggi, yaitu sebesar 221 pixels-per-inch (ppi). Tingkat kerapatan tersebut hanya sedikit lebih rendah dari MacBook Pro Retina Display dengan 227 ppi dan Chromebook Pixel dengan 239 ppi.

Akan ada tiga model Kirabook yang diluncurkan oleh Toshiba. Dikutip dari Pocket Lint, Jumat (19/4/2013), model pertama merupakan perangkat berbasis Windows 8 yang tidak dilengkapi dengan layar sentuh. Perangkat yang satu ini akan dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i5 dan dibanderol seharga 1.599 dollar AS.

Model kedua dari Kirabook ini masih berbasiskan Windows 8 dan Intel Core i5. Bedanya, layar dari perangkat ini sudah dilengkapi dengan kemampuan sentuhan. Untuk model yang satu ini, Toshiba akan menjualnya dengan harga 1.799 dollar AS.

Model terakhir merupakan model dengan spesifikasi tertinggi. Produk ini hadir dengan Windows 8, layar sentuh, dan prosesor Intel Core i7. Produk yang satu ini akan dilepas ke pasaran dengan harga 1.999 dollar AS.

Selain layar dan juga prosesor, ketiga model ini menggunakan media penyimpanan dan juga besaran RAM yang sama. Ketiga model tersebut akan hadir dengan SSD berkapasitas 256GB dan RAM 8GB.

Untuk masalah bobot, Ultrabook terbaru Toshiba ini tidak kalah dari laptop teringan milik Apple, MacBook Air. Perangkat Kirabook memiliki bobot sekitar 1,3 kg, sedikit lebih ringan dari MacBook Air yang memiliki bobot 1,48 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com