Jejaring Sosial Terduga Pelaku Bom Boston Masih Aktif

Kompas.com - 19/04/2013, 20:53 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Dzhokar Tsarnaev

KOMPAS.com — Kepolisian Boston, Jumat (19/4/2013), mengungkap terduga pelaku bom Boston adalah dua bersaudara keturunan Chechnya, yakni Tamerlan Tsarnaev (26 tahun) dan Dzhokar A Tsarnaev (19). Salah satu terduga, Dzhokar, memiliki akun jejaring sosial internet yang hingga kini masih aktif.

Dzhokar masih terdaftar dengan nama Djohar Tsarnaev di VKontakte.com atau sering disebut VK, sebuah jejaring sosial mirip Facebook yang mayoritas penggunanya berasal dari Rusia. Dzhokar terakhir kali melakukan aktivitas di jejaring sosial itu pada 19 Maret 2012.

Akun jejaring sosial VKontakte milik terduga pelaku bom Boston, Dzhokar A Tsarnaev

Di profil VKontakte, Dzhokar mencantumkan bersekolah di Cambridge Ringe & Latin School. Sebelumnya, ia pernah sekolah di Makhachkala, Republik Dagestan, dari 1999 sampai 2001. Dagestan berada di Kaukasus Utara, perbatasan Chechnya.

Masih dikutip dari akun jejaring sosial, Dzhokar mengisi referensi "pandangan dunia" sebagai Islam serta "prioritas pribadinya" adalah karier dan uang.

Setelah nama terduga pelaku bom Boston terungkap, akun jejaring sosial Dzhokar yang sebelumnya tak ada aktivitas langsung dipenuhi dengan komentar dari para pengguna VKontakte. Sebagian pengguna menyesalkan aksi yang dilakukan Dzhokar.

Dzhokar dan saudaranya, Tamerlan, tercatat sebagai penduduk tetap Massachussets. Tamerlan tewas dalam baku tembak dengan polisi di Watertown, Kamis (18/4/2013) malam.

Tamerlan adalah seorang petinju amatir nomor kelas berat, yang tengah siap mewakili New England dalam kejuaraan tinju nasional di Salt Lake City, Utah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.