Bobol Situs Sony, Hacker Dipenjara 1 Tahun

Kompas.com - 22/04/2013, 16:55 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Cody Kretsinger, anggota kelompok aktivis peretas LulzSec, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena membobol sistem keamanan server Sony PlayStation Network. Ia juga dikenakan denda sebesar 605.663 dollar AS.

Aksinya dimulai sejak akhir Mei 2011 dan ia baru mengakui pada April 2012. Putusan hukum terhadap Kretsinger dikeluarkan Pengadilan Los Angeles, AS, pada 19 April 2013.

Setelah menjalani satu tahun penjara, hukuman Kretsinger masih berlanjut sebagai tahanan rumah. Selain itu, ia juga dikenakan hukuman 1.000 jam kerja sosial sebagai upaya perbaikan atas kerusakan yang telah ditimbulkan di masyarakat.

Ulah Kretsinger membuat Sony harus menutup jaringan selama sebulan

Kretsinger dikenai pasal konspirasi karena masuk dalam sistem komputer yang dilindungi. Pria 25 tahun ini mencuri data penting, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email dari puluhan ribu pelanggan Sony. Data itu kemudian diungkap ke internet.

Kretsinger dikenal dengan nama "Rekusi" di dunia maya. Ia masuk dalam kelompok LulzSec yang mulai dikenal pada 2011 karena mendukung situs web WikiLeaks dalam mengungkap dokumen penting kenegaraan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X