Kompas.com - 22/04/2013, 17:27 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Google


KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati hari bumi ke-43 pada Senin (22/4/2013), Google membuat desain dekoratif halaman utama atau biasa disebut "doodle," yang menampilkan visualisasi empat musim berbeda di planet ini.

Seperti dikutip dari CNet, doodle Earth Day ini boleh jadi merupakan doodle paling kompleks yang pernah dibuat oleh Google.

Saking kompleksnya, Google sampai menyediakan checklist mengenai "pemandangan" apa saja yang bisa dilihat pada doodle tersebut.

Hal-hal itu mencakup perubahan musim (musim semi, panas, gugur, dan salju), perubahan tampilan bulan dari bulan purnama, bulan sabit, hingga half-moon, serta sejumlah binatang yang bisa "dicari" dengan mengklik elemen-elemen tertentu pada doodle, misalnya gambar gua.

Elemen-elemen lainnya seperti awan, bunga dandelion, pohon dan lubang di tanah juga bisa diklik untuk memunculkan hal-hal lain. Untuk menjalankan waktu dan melihat visualisasi empat musim, cukup klik gambar matahari yang mewakili fungsi "play".

Meski mengandung banyak elemen, tampilan doodle kali ini relatif sederhana. Logo Google juga disembunyikan dengan rapi. Dapatkah Anda menemukannya?

Google

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.