JELAJAH SEPEDA

Kompas Gelar Bali Bike

Kompas.com - 23/04/2013, 03:14 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Harian Kompas kembali menggelar perjalanan bersepeda jarak jauh mengelilingi Pulau Bali tahun 2013 selama tiga hari sejauh 262 kilometer. Kegiatan yang digelar 7-9 Juni 2013 itu akan mengajak masyarakat untuk menikmati pesona ”Pulau Dewata” melalui sepeda. Pendaftaran peserta dibuka mulai Selasa (23/4) ini, dan dibatasi hanya 150 orang.

Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, Kompas Bali Bike adalah bagian dari upaya Kompas mengajak masyarakat untuk memulai hidup sehat dan mencintai lingkungan bersih melalui bersepeda. Termasuk di antaranya melakukan promosi wisata.

”Bersepeda, bertualang, dan wisata memiliki sinergi yang kuat untuk menggerakkan ekonomi lokal. Dalam Kompas Bali Bike selama tiga hari, yakni Jumat hingga Minggu, para pesepeda akan diajak melihat pantai, lalu melewati tanjakan menuju pegunungan, melintasi persawahan, dan menikmati suasana pedesaan di Pulau Bali. Ini yang ditawarkan kami sebagai bagian dari promosi wisata,” kata Budiman.

Peserta Kompas Bali Bike 2013 dipungut biaya sebesar Rp 6 juta (650 dollar AS) per orang untuk penginapan satu tempat tidur, dan Rp 5 juta (550 dollar AS) per orang untuk satu kamar dua tempat tidur. Namun, 50 pendaftar pertama diberi potongan harga sebesar Rp 1 juta (100 dollar AS) untuk kedua kategori penginapan. Diskon itu diberikan jika pendaftar melunasi kewajibannya paling lambat dua hari setelah pendaftaran.

Biaya sebesar itu untuk penginapan selama tiga malam di Kuta, Lovina, dan Kintamani, ongkos konsumsi sejak 6 Juni malam hingga 9 Juni sore, tiga jersey terbaik, dan lainnya. Peminat bisa mendaftar diri melalui situs web http://bike.kompas.com

Animo tinggi

Ketua Panitia Kompas Bali Bike Jannes Eudes Wawa menjelaskan, sejak sebulan lalu, puluhan orang selalu meminta informasi waktu penyelenggaraan Kompas Bali Bike 2013. Diharapkan mereka segera mendaftarkan diri sebab jumlah peserta hanya dibatasi 150 orang. ”Jika 150 pendaftar sudah menyelesaikan administrasi, panitia langsung menutup pendaftaran,” tutur Jannes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas Bali Bike ini digelar kedua kalinya. Tahun 2012, kegiatan serupa dilakukan pada 14-16 September sejauh 292 km. Saat itu diikuti 114 orang melewati rute Nusa Dua-Candidasa, Candidasa-Kintamani, Kintamani-Ketewel. Tahun 2013, rutenya berbeda, yakni Kuta-Lovina (105 km), Lovina-Kintamani (71 km), dan Kintamani-Bali Safari and Marine Park, Gianyar (86 km).

Pada hari pertama, separuh perjalanan akan melewati jalan tanjakan dengan elevasi hingga 1.400 meter dari permukaan laut. Setelah itu jalan menurun hingga di Lovina. Hari kedua dari Lovina ke Kintamani juga masih menghadapi tanjakan hingga ketinggian 1.698 meter dari permukaan laut. Namun, pada hari terakhir lebih banyak melewati jalan turunan dan landai. (ETA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.