Kompas.com - 23/04/2013, 09:23 WIB
EditorReza Wahyudi

Associated Press Produsen prosesor Advanced Micro Devices (AMD)

KOMPAS.com — Apple harus kehilangan seorang yang menjabat sebagai direktur arsitektur prosesor grafis, Raja Koduri. Ia bergabung kembali ke produsen prosesor AMD, setelah empat tahun meninggalkan perusahaan itu.

Koduri bergabung ke Apple pada 2009 untuk mengembangkan prosesor grafis produk mobile Apple. Seperti diketahui, Apple merancang sendiri prosesor untuk produk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Mereka tak mengandalkan prosesor rancangan pihak ketiga.

Koduri mulanya adalah direktur pengembangan teknologi di ATI Technologies. Ketika AMD mengakuisisi ATI, Koduri pun berstatus karyawan AMD.

Saat meninggalkan AMD, Koduri menjabat sebagai kepala teknologi untuk produk prosesor grafis. Kali ini, beberapa sumber mengatakan kepada CNet, Jumat (19/4/2013), Koduri akan mengambil perannya kembali dalam bisnis produk grafis AMD.

Aksi bajak karyawan antara Apple dan AMD memang cukup sengit. Pada Maret 2013, desainer prosesor AMD John Bruno dibajak oleh Apple. Pada Agustus 2012, petinggi urusan hardware Apple bernama Jim Keller memutuskan bergabung dengan AMD sebagai presiden korporasi dan kepala arsitek mikroprosesor AMD.

AMD kini dipimpin oleh CEO Rory Read. Perusahaan bersaing kuat dengan Intel untuk urusan prosesor. Dalam bisnis prosesor grafis, AMD bersaing dengan Nvidia yang meluncurkan produk kartu grafis terbaru GeForce.

Meski demikian, prosesor AMD dipilih oleh Sony untuk menjadi otak konsol game terbaru PlayStation 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.