Cacat Produksi, 8 Juta iPhone Dikembalikan ke Pabrik

Kompas.com - 23/04/2013, 10:06 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini, tidak terdengar adanya keluhan dari pihak Apple mengenai kinerja perusahaan Foxconn. Namun, sebuah sumber dari situs China Business, mengungkapkan ketidakpuasan Apple terhadap hasil kerja pegawai Foxconn.

Sekadar informasi, Foxconn atau biasa dikenal juga dengan nama Hon Hai merupakan perusahaan manufaktur perakit produk-produk untuk Apple, seperti iPad dan iPhone. Selain Apple, Foxconn diketahui juga merakit produk untuk perusahaan Panasonic, Samsung, dan Sony.

Menurut laporan dari China Business yang dikutip dari situs The Register, Senin (22/4/2013), ketidakpuasan Apple ditunjukkan dengan cara mengembalikan produk iPhone hasil rakitan perusahaan asal China tersebut.

Menurut sang sumber, Apple terpaksa mengepak kembali iPhone yang diterima dan mengembalikkannya ke China karena hasil produksi dari Foxconn tidak sesuai standar atau tidak berfungsi dengan baik.

Tidak disebutkan model iPhone apa yang dikembalikan. Namun, kabarnya, jumlah produk yang dikembalikan sangatlah besar, yaitu sekitar lima hingga delapan juta unit.

Pengembalian produk ini dinilai akan membuat Foxconn mengalami kerugian yang cukup besar. Harga produksi sebuah iPhone diketahui sebesar 200 dollar AS. Maka, total kerugian yang harus ditanggung oleh Foxconn adalah 1,6 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita hoax belaka?

Menanggapi berita ini, beberapa media menganggap kabar dari China Business tersebut sebagai berita bohong. Menurut media, jumlah perangkat yang dikembalikan oleh Apple terlalu besar untuk dipercaya.

Hal tersebut dipertegas dengan pernyataan juru bicara Foxconn, Simon Hsing, dalam wawancaranya dengan media Focus Taiwan. Hsing menyatakan bahwa jumlah pengembalian produk yang disebutkan di China Business tidaklah tepat. Ia berjanji untuk segera melakukan pengecekan terhadap divisi terkait untuk masalah ini.

Belum ada konfirmasi atau penjelasan dari Apple untuk masalah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.