Kompas.com - 23/04/2013, 11:53 WIB
EditorReza Wahyudi

PSY/ YouTube.com

KOMPAS.com — Videoklip terbaru penyanyi populer Korea Selatan Psy, "Gentleman", telah berhasil memecahkan rekor harian YouTube.

Menurut pihak YouTube dalam sebuah posting blog, dalam waktu 24 jam sejak diunggah ke akun Psy pada Sabtu (13/3/2013) lalu, "Gentleman" berhasil mengumpulkan 38 juta view.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding pencetak rekor terdahulu, yaitu video "Boyfriend" dari penyanyi Amerika Serikat, Justin Bieber, yang pada Mei 2012 ditonton 8 juta kali dalam periode waktu yang sama.

Salah satu video pemecah rekor lainnya yang berhasil dikalahkan oleh "Gentleman", tetapi dengan subyek yang berbeda, adalah video KONY 2012 dengan jumlah 31 juta view. Video ini menceritakan misi seorang pembuat film, Jason Russell, yang ingin menjatuhkan pemimpin gerilya Uganda, Joseph Kony.

Video musik terbaru Psy ini juga berhasil memancing penonton dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu minggu setelah diunggah, yaitu mendekati angka 204 juta view.

"Dari perspektif statistik, ini adalah peluncuran video musik dalam terbesar dalam situs. Dari perspektif tambahan, "Gentleman" telah dilihat 100 juta kali kurang dari 4 hari di semua wilayah yang ada di dunia, sebuah pencapaian yang dibutuhkan nyaris dua bulan oleh video "Gangnam Style", kata Kevin Allocca, Trend Manager YouTube, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (23/4/2013).

Video Psy sebelumnya, "Gangnam Style", juga telah berhasil memecahkan rekor video terbanyak yang ditonton di YouTube. Video ini telah berhasil menjadi yang pertama menyentuh 1 miliar view dan kini memegang rekor penonton sebanyak 1,5 miliar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X