Kompas.com - 23/04/2013, 15:19 WIB
EditorReza Wahyudi

BGR Motorola

KOMPAS.com - Motorola Mobility gagal memblokir penjualan produk Apple iPhone di Amerika Serikat (AS). Komisi Perdagangan Internasional (International Trade Commission/ITC) AS memutuskan Apple tidak melanggar paten milik Motorola, Selasa (23/4/2013).

Menurut temuan ITC, paten yang diklaim Motorola tidak valid. Paten itu mencakup sensor yang mengaktifkan sebuah fitur ketika ponsel berada di dekat wajah manusia.

Google selaku induk perusahaan Motorola Mobility, lewat juru bicaranya Matt Kallman, menyatakan kekecewaannya atas keputusan ITC. Sementara juru bicara Apple enggan berkomentar.

Ahli hukum hak paten Rodney Sweetland dari Duane Morris di Washington, berpendapat, keputusan ini tidaklah mengejutkan karena ia menilai ITC jarang menyatakan Apple bersalah. "Sampai sekarang ITC belum menemukan pelanggaran yang dilakukan Apple untuk setiap klaim paten," katanya.

"ITC sangat memperhatikan detail dalam kasus yang melibatkan Apple, yang melibatkan suatu produk populer dan menjadi bagian penting dari perdagangan," tambah Sweetland.

Sengketa hukum paten antara Motorola Mobilty dan Apple sudah berlangsung sejak 2011, sebelum Google resmi mengakuisisi Motorola Mobility pada 2012 senilai 12,5 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dengan Motorola, Apple juga mengajukan gugatan paten kepada Samsung dan HTC. Apple menuding ketiganya menyalin tampilan antarmuka dan fitur perangkat mobile Apple. Namun, sengketa paten Apple dengan HTC telah berakhir pada November 2012. HTC bersedia membayar royalti paten dan berjanji tidak menyalin produk Apple. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.