Kompas.com - 23/04/2013, 17:22 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Tak bisa dimungkiri kesuksesan terbesar Apple adalah sejarah panjangnya dalam membangun citra dan kemampuannya beradaptasi sesuai dinamika jaman. Inilah strategi  yang tak lekang, dari sebuah pencipta produk kelas individual hingga menjadi produk massal yang dicintai publik.

Eksistensi Apple tak sebatas produk gadget yang futuristik dan sarat teknologi baru, juga pusat penelitian, kampus dan yang terbaru adalah toko (outlet) yang memajang produk mereka. Apple menawarkan kualitas estetik yang tinggi atas ruang-ruang komersialnya, sehingga menciptakan sebuah konsep dan definisi baru atas lanskap ritel keseluruhan.

Menurut CEO Tim Cook International Design Firm Eight Inc. dan American Studio Bohlin Cywinski Jackson, Apple akan memberikan hak eksklusif kepada mereka yang mampu merancang dan mengeksekusi toko-toko ritelnya sesuai kualitas yang ditetapkan. "Toko-toko terkenal di seluruh dunia yang menjadi perhatian publik dan tengara di kotanya, termasuk "kubus kaca" yang monumental di 5th Avenue New York, di jalan utama London atau di cabang Louvre Paris. Itu semua adalah definisi baru sebuah toko piranti digital," ujar Jackson.

Bukan isapan jempol, karya duet biro arsitek ini telah mampu membangun sebuah lingkungan ritel komersial yang unik dan berpengaruh terhadap dunia pemasaran khususnya dan arsitektur pada umumnya. Semua toko Apple dibuat transparan dengan material utama kaca serta dilengkapi meja-meja besar yang memajang produk terbaru. Kabarnya, Apple akan tetap menggunakan jasa biro arsitek ini untuk mendesain toko-toko mereka di masa yang akan datang, pasca kolaborasi menciptakan kampus Apple yang unik sekaligus ikonik.

Apa yang direncanakan Apple selalu menjadi misteri yang menarik. Akan seperti apa nanti toko-toko ritel terbaru mereka? apakah akan terjadi pergeseran desain secara radikal menuju desain yang sangat komersial, atau akankah mereka secara terbuka memublikasikan strategi barunya? Apa pun itu, yang jelas, Apple selalu membuat publik antusias menantikan inovasi terbaru mereka.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.