Pemenang Kartini Next Generation Award 2013 - Kompas.com

Pemenang Kartini Next Generation Award 2013

Kompas.com - 24/04/2013, 07:21 WIB

KOMPAS.com - Untuk memeringati semangat ibu Kartini, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menyelenggarakan ajang penghargaan untuk perempuan berprestasi, yaitu Kartini Next Generation Award 2013.

Seperti diketahui, di zaman sekarang ini perempuan memiliki akses yang semakin bebas untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sayangnya, belum semua perempuan bisa memanfaatkan TIK seoptimal mungkin sehingga memberi manfaat kepada lebih banyak orang, misalnya dengan menjadi seorang pengusaha online shopping.

"Ini adalah tahun kedua penyelenggaraan Kartini Next Generation Award. Ajang ini merupakan sebuah wujud apresiasi perempuan yang sukses melakukan semua aktivitas positifnya berkat dukungan TIK. Pemberian penghargaan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan agar lebih kreatif, inovatif, dan produktif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Carlia Djajadisastra, Ketua Tim Acara dan Penjurian Kartini Next Generation Award 2013, saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (22/4/2013) lalu.

Tahun lalu, ajang ini hanya bisa diikuti oleh pengusaha perempuan. Namun sekarang semua aktivis perempuan yang memanfaatkan TIK bisa mengikutinya. Selain itu di tahun 2013, ada empat kategori yang dilombakan, yaitu Inspiring Women in Information and Communication Technology (ICT) for Education, ICT for Entrepreneur, ICT for Media Creative, dan ICT for Community Development.

"Tahun ini juga akan diberikan special award kepada dua perempuan yang menjadi pelopor di bidangnya masing-masing," tambahnya.

Ajang ini diikuti oleh perempuan dari berbagai komunitas dalam rentang usia 20-40 tahun, yang memanfaatkan TIK untuk menjalankan aktivitasnya. Dalam waktu satu bulan, pesertanya mencapai 40 orang dari berbagai daerah dan negara seperti Jerman, Amerika, Malaysia, dan Arab Saudi. Penjurian dimulai dengan melakukan seleksi administrasi peserta, dan menyisakan 11 finalis dari semua kategori.

Dewan juri untuk pemilihan pemenang ajang terdiri atas Kalamullah Ramli (staf Kemkominfo), Teddy Sukardi (praktisi), Michael S. Sunggiardi (praktisi), Sylvia Sumarlin (pengusaha), Ninok Leksono (wartawan), Euis Amalia (ekonom), dan Puspita Zorawar (motivator SDM).

Berikut nama-nama penerima penghargaan Kartini Next Generation Award 2013:
1. Inspiring Woman in ICT for Education: Septi Peni Wulandani
2. Inspiring Woman in ICT for Entrepreneur: Stefanie Kurniadi
3. Inspiring Woman in ICT for Creative Media:  Adiska Fardani
4. Inspiring Woman in ICT for Community Development: Nila Tanzil
5. Special Award for Inspiring Woman in ICT:  Angkie Yudistia dan Aulia Halimatussadiah


EditorDini

Close Ads X