Kompas Gramedia Investasi Rp 23,5 Miliar di Scoop

Kompas.com - 24/04/2013, 08:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

GramediaPrinting.com Kompas Gramedia

JAKARTA, KOMPAS.com — Kompas Gramedia melalui anak usaha Grup Digital, PT Gramedia Digital, berinvestasi di perusahaan pengembang aplikasi Apps Foundry Pte, Ltd, yang mengembangkan aplikasi mobile e-reader Scoop. Dalam pendanaan putaran kedua, Apps Foundry mendapat investasi dari Kompas Gramedia senilai 3 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 23,5 miliar.

Kompas Gramedia merupakan perusahaan penerbit multimedia terbesar di Indonesia dengan bisnis yang terus berkembang di media cetak, radio, televisi, dan media digital. Apps Foundry akan beroperasi secara independen sementara perwakilan Kompas Gramedia bergabung dalam jajaran dewan direksi Apps Foundry.

Kompas Gramedia hendak menangkap potensi dan peluang bisnis di tengah tren konsumsi media digital yang terus meningkat, dengan berinvestasi di perusahaan yang menunjukkan daya saing multinasional. Scoop sejauh ini telah menjadi pemain besar yang menyediakan layanan e-publishing dan e-reader di Indonesia.

"Saat ini lebih dari 90 persen penerbit majalah dan 50 surat kabar di Indonesia telah bergabung di Scoop, termasuk harian Kompas yang menjalin kemitraan eksklusif. Lebih dari 10.000 judul e-book dari 7 penerbit buku kelompok Kompas Gramedia juga sudah bisa diunduh di Scoop. Hal ini menunjukkan posisi yang unik dan terkemuka Apps Foundry dalam e-publishing," ujar Edi Taslim, Direktur Grup Digital Kompas Gramedia, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Pendiri sekaligus CEO Apps Foundry, Willson Cuaca, mengatakan, pendanaan itu akan digunakan untuk mengekspansi bisnis Scoop ke Asia mulai 2013. "Kami memiliki rencana ekspansi yang cepat di Asia, dan sasaran langsung akan memperkuat kehadiran kami di negara-negara Asia Tenggara," katanya saat dihubungi KompasTekno.

Apps Foundry yang didirikan pada 2010 kini memiliki 30 karyawan di Singapura dan Indonesia. Kantor pusat Apps Foundry dan divisi penjualan berada di Singapura, sementara divisi pemasaran, desain, dan pengembang aplikasinya berbasis di Jakarta.

Scoop merupakan produk unggulan Apps Foundry yang tersedia untuk perangkat iOS, Android, dan Windows Phone. Aplikasi e-reader sekaligus toko buku online ini memungkinkan pengguna mengunduh berbagai konten digital, mulai dari majalah, surat kabar, sampai buku. Scoop juga menyediakan layanan media penyimpanan data di awan (cloud computing) bagi pengguna ponsel pintar untuk menyimpan data yang dibeli secara permanen.

Setiap tahunnya Scoop menawarkan 1,8 juta e-publishing dari seluruh dunia. Sebanyak 90 persen pengguna berasal dari Indonesia dengan 80 persen pendapatan dari perangkat iOS. Aplikasi Scoop telah diunduh lebih dari 650.000 perangkat mobile dan memiliki 210.000 pengguna aktif bulanan yang mengakses, baik dari aplikasi maupun situs www.getscoop.com.

Selain Kompas Gramedia, Apps Foundry juga menerima investasi dari Gobi Partners dan Mitsui Global Investments (MGI) pada putaran pertama. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X