Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Versi Baru Bakal Diundur?

Kompas.com - 24/04/2013, 13:33 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang yang memperkirakan, atau mungkin berharap, Google akan meluncurkan sistem operasi mobile versi terbarunya, Android 5.0 Key Lime Pie pada ajang konferensi developer Google I/O pada 15 hingga 17 Mei 2013 mendatang.

Namun, sebuah laporan dari situs Ubergizmo, Rabu (24/4/2013), mematikan harapan mengenai hadirnya sistem operasi tersebut pada ajang Google I/O mendatang. Menurut situs tersebut, kemungkinan besar Google akan memundurkan waktu peluncuran Key Lime Pie hingga empat bulan setelah konferensi tersebut.

Mengapa Google memutuskan untuk mengundurkan waktu peluncuran Key Lime Pie? Salah satu alasan utamanya, Google ingin memberikan waktu lebih banyak kepada para OEM (produsen smartphone/tablet) untuk mengejar ketertinggalan terhadap Android versi baru.

Walaupun sudah diumumkan pada ajang I/O tahun 2012, hingga saat ini, masih banyak produsen yang berencana atau baru meluncurkan produk berbasis Android 4.1 dan Android 4.2 Jelly Bean. Apabila Google sudah meluncurkan Android 5.0 di ajang mendatang, maka para produsen tersebut diprediksi akan lebih sulit mengikuti perkembangan dari sistem operasi tersebut.

Dari berita sebelumnya, ada beberapa dugaan terkait produk yang akan diperkenalkan oleh Google di ajang I/O 2013. Di antaranya adalah Nexus 5, smartphone Motorola X, dan Nexus 4 versi baru.

Perangkat smartphone Nexus 5 dikabarkan akan menggunakan spesifikasi yang terlalu canggih untuk saat ini, seperti layar OLED 5,2 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 800 2,3GHz, dan RAM 3GB. Hal tersebut membuat beberapa pengamat menyangsikan kehadiran produk ini di I/O tahun ini.

Selain itu, Motorola X dikabarkan baru sampai tahap prototipe sehingga mungkin produk tersebut juga tidak akan hadir tahun ini.

Para pengamat lebih percaya Nexus 4 versi baru akan diumumkan karena menjawab keluhan terhadap media penyimpanan berkapasitas kecil dan dukungan terhadap LTE dan CDMA. Sekadar informasi, Nexus 4 baru ini dirumorkan akan hadir dengan media penyimpanan 32GB dan mendukung LTE dan CDMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com