Kompas.com - 24/04/2013, 14:44 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana membuat akun di media sosial, Twitter, untuk menampung aduan dan aspirasi masyarakat terkait bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2014. Ketua KPU Husni Kamil Malik mengatakan, tak hanya Twitter, KPU juga akan memanfaatkan Facebook untuk menampung masukan dari masyarakat.

"Kami akan buat akun Twitter dan Facebook untuk menampung aspirasi dan aduan masyarakat," kata Husni seusai launching nama bakal caleg di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2013).

Tidak hanya akun media sosial, KPU juga akan membuat e-mail khusus untuk menampung aspirasi itu. Pengelolaan akun akan dilakukan bidang humas. Ia mengungkapkan, secara offline, masyarakat juga bisa melaporkan rekam jejak dan informasi bakal caleg melalui KPU daerah setempat. Laporan itu akan diteruskan KPU daerah kepada KPU.

"Misalnya, kami mendapat laporan jika ijazahnya palsu, laporan itu akan kami kroscek ke partainya," kata Husni.

Husni menambahkan, masyarakat dapat melaporkan sejumlah kejanggalan setelah KPU merampungkan daftar calon sementara, 12 Juni-22 Agustus 2013.

"Baru nanti setelah semua laporan itu dikroscek, kami akan menerbitkan DCT (daftar caleg tetap) pada 25 Agustus," katanya.

Dinamika politik jelang pemilu dapat diikuti dalam topik:
Geliat Politik Jelang 2014

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.