Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KRISIS SURIAH

Milisi Lebanon Terseret Pertempuran di Suriah

Kompas.com - 25/04/2013, 02:15 WIB

Kairo, Kompas - Pertempuran antara pasukan oposisi dan pasukan Pemerintah Suriah yang didukung milisi Hezbollah dari Lebanon berlangsung makin sengit di sekitar kota kecil Al Qusair, dekat perbatasan Lebanon di Provinsi Homs, Suriah, Rabu (24/4).

Pertempuran Al Qusair itu merupakan perang yang mulai berdimensi regional karena keterlibatan langsung milisi Hezbollah itu.

Keterlibatan Hezbollah ini mendorong kelompok anti-Suriah dan anti-Hezbollah di Lebanon mengumumkan mobilisasi untuk ikut berperang membantu pihak oposisi.

Imam Masjid Taqwa di kota Tripoli, Lebanon utara, Sheikh Salim Rafii, menyerukan agar kaum Sunni Lebanon mengangkat senjata membantu kubu oposisi Suriah melawan pasukan Presiden Bashar Al-Assad.

Sementara Imam Masjid Bilal Bin Rabbah di kota Sidon, Lebanon selatan, Sheikh Ahmed Al Asir, menyerukan pembentukan gerakan perlawanan terhadap milisi Hezbolllah dan pasukan Assad di Al Qusair dan Homs.

Harian Al Hayat mengungkapkan, sedikitnya 500 pemuda Sunni Lebanon mendaftarkan diri untuk ikut bertempur di Al Qusair.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, yang memantau perkembangan krisis Suriah dari Kairo, Mesir.

Sementara itu, Deputi Ketua Dewan Eksekutif Hezbollah Nabil Farouk mengatakan, keterlibatan Hezbollah dalam pertempuran Al Qusair merupakan kewajiban nasional karena dilakukan untuk melindungi warga Lebanon yang berdomilisi di wilayah sekitar Al Qusair.

Wilayah Al Qusair diperebutkan karena memang sangat strategis. Kota itu dan wilayah sekitarnya menghubungkan wilayah pesisir Suriah dengan wilayah Provinsi Homs dan Hama di bagian tengah negara itu. Kawasan itu juga menjadi akses menuju arah barat dan selatan ke wilayah Lebanon.

Pertempuran Al Qusair dimulai bersamaan dengan digelarnya pertemuan kelompok Sahabat Suriah di Istanbul, Turki, Sabtu lalu. Sejumlah pengamat menyebutkan, pertempuran Al Qusair merupakan reaksi Rusia, Iran, dan rezim Presiden Assad terhadap pertemuan itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com