Kompas.com - 25/04/2013, 10:50 WIB
EditorReza Wahyudi

Apple iPad Mini

KOMPAS.com — Selama beberapa tahun belakangan ini, perangkat tablet iPad selalu berhasil menjadi raja dari segi penjualan. Ya, produk buatan Apple tersebut selalu menjadi yang paling laku di pasaran global.

Pertanyaannya, dengan diluncurkannya perangkat tablet berbasis Windows di akhir tahun 2012 dan semakin "matangnya" tablet Android, apakah iPad masih mampu menjaga dominasinya di awal tahun 2013 ini?

Apple sendiri baru saja mengumumkan laporan keuangan kuartal per Maret 2013. Dalam laporan keuangan tersebut, Apple mengungkapkan bahwa mereka berhasil menjual 19,5 juta perangkat iPad di kuartal tersebut.

tablet-market-share-q1-2013


Menurut hasil survei pasar yang dilakukan firma Strategy Analytics, dengan jumlah penjualan tersebut, tablet iPad masih menduduki posisi raja tablet dunia. iPad berhasil menguasai 48,2 persen pasaran tablet global di kuartal 1 2013.

Meskipun begitu, pangsa pasar tablet iPad menurun tajam, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu (year-on-year). Kala itu, tablet iPad berhasil mendominasi pasaran dengan angka 63,1 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah penjualan perangkat tablet berbasis Android meningkat tajam di awal tahun 2013 ini. Apabila di kuartal yang sama di tahun 2012, tablet Android hanya berhasil terjual sebanyak 6,4 juta unit; di tahun 2013 penjualan produk tersebut sudah meningkat nyaris tiga kali lipat ke angka 17,6 juta unit.

Meningkatnya jumlah penjualan tersebut membuat produk iPad tidak lagi mendominasi pasaran tablet dunia. Pangsa pasar tablet berbasis Android nyaris menyusul iPad dengan angka 43,4 persen, meningkat dari 34,2 persen di tahun lalu.

Baru muncul di akhir tahun 2012, perangkat tablet berbasis Windows berhasil terjual dengan angka yang lumayan tinggi. Di kuartal pertama tahun 2013 ini, produk ini berhasil terjual sebanyak 3 juta unit. Nilai tersebut membuat tablet tersebut menguasai 7,5 persen pangsa pasar tablet dunia.

Secara total, penjualan perangkat tablet global berhasil menciptakan rekor tersendiri di awal tahun 2013.

"Pengiriman perangkat tablet global mencapai yang tertinggi di kuartal-I 2013 dengan menyentuh angka 40,6 juta unit, meningkat 117 persen dari 18,7 juta unit di kuartal-I 2012," kata Peter King, analis dari Strategy Analytics, seperti dikutip dari BGR, Kamis (25/4/2013).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.