Kompas.com - 26/04/2013, 07:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

Abu Dhabi, Kompas - Pendiri perusahaan Microsoft, Bill Gates, mendonasikan 100 juta dollar AS untuk membantu program kesehatan di Indonesia. Bantuan akan disalurkan melalui yayasan amal Bill & Melinda Gates Foundation bekerja sama dengan mitra lokal di Indonesia.

Hal itu dikemukakan Gates dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bill & Melinda Gates Foundation dan Tahir Foundation di sela pertemuan vaksin dunia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Kamis (25/4).

Wartawan Kompas, Rusdi Amral, dari Abu Dhabi melaporkan, Bill Gates menunjuk Dato’ Sri Tahir sebagai mitra lokal di Indonesia. Tahir, pemilik Bank Mayapada Group, juga akan memberi donasi 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1 triliun) untuk program kesehatan Indonesia.

Bill Gates menyatakan, Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan wilayah mulai dari Aceh hingga Papua. Ia meyakini masih banyak penduduk Indonesia yang belum tersentuh bantuan kesehatan dari Pemerintah Indonesia.

Pendiri perusahaan Microsoft ini menyebutkan, program bantuan kesehatan di Indonesia akan mencakup pemberantasan penyakit malaria, penyakit tuberkulosis, penanggulangan HIV/ AIDS, dan program Keluarga Berencana. Dalam waktu dekat, istrinya, Melinda Gates, akan berkunjung ke Indonesia untuk menindaklanjuti program kerja sama tersebut.

Dalam kesepakatan bersama Bill Gates, kata Tahir, dana yang terkumpul sebesar 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2 triliun) akan digunakan 150 juta dollar AS untuk bantuan program kesehatan di Indonesia. Sisanya, 50 juta dollar AS, akan dialokasi untuk program kesehatan global.

Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Salman Al Farisi yang menyaksikan penandatanganan kerja sama menyatakan, kerja sama tersebut menjadi strategis untuk kepentingan diplomasi internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.