Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LivingSocial Diretas, Bagaimana Nasib Data Pelanggan Indonesia?

Kompas.com - 27/04/2013, 17:37 WIB

Shutterstock.com

KOMPAS.com - Satu demi satu sistem keamanan server perusahaan raksasa TI dibobol peretas (hacker). Setelah Apple, Facebook, Twitter, Microsoft, dan Evernote, kini giliran situs daily deal LivingSocial yang mengungkapkan bahwa mereka telah menjadi korban serangan peretas.

LivingSocial, salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Amazon, sebenarnya memiliki banyak cabang. Perusahaan tersebut memiliki perwakilan di Thailand, Korea Selatan, Philipina, dan juga Indonesia.

Apakah sistem server di negara cabang ikut terkena masalah ini? Ternyata tidak. Data situs LivingSocial yang ada di negara-negara tersebut, termasuk Indonesia (livingsocial.co.id), aman dari tangan para peretas.

Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata situs-situs LivingSocial negara cabang di-hosting di server yang berbeda dari LivingSocial pusat.

Dalam sebuah e-mail internal LivingSocial yang didapatkan situs AllThingsD, Sabtu (27/4/2013), Tim O'Shaughnessy, CEO LivingSocial, mengumumkan kepada semua karyawannya bahwa "terjadi akses yang tidak sah ke beberapa data di server pusat LivingSocial".

Jumlah data yang berhasil diakses oleh peratas misterius tersebut ternyata sangat banyak, yaitu sekitar 50 juta data konsumen LivingSocial.

Perusahaan yang berpusat di Washington, AS, tersebut mengaku bahwa peretas tersebut berhasil mengakses data nama, e-mail, ulang tahun, dan kata sandi (password) yang masih dalam keadaan terenkripsi.

Adapun data kartu kredit dan informasi bank dari penggunanya tidak berhasil diakses oleh peretas tersebut.

Pihak LivingSocial sendiri cukup percaya diri dengan menyatakan bahwa kata sandi terenkripsi tersebut sulit untuk dipecahkan. Namun, demi keamanan, mereka meminta untuk setiap penggunanya mengganti kata sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com